Ide Bisnis dari Rumah Untuk Penghasilan Tambahan

  • Bagikan
Ilustrasi Ide Bisnis --Dok Foto: blog.mokapos--

RADAR SULBAR – Siapa sih yang tidak suka mendapatkan penghasilan tambahan? Beruntungnya, semua orang memiliki keistimewaan itu. Syaratnya, mereka harus mau menyisihkan sedikit waktu dan pikirannya untuk bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari sektor lain yang ditekuni.

Penghasilan tambahan bisa datang dari mana saja. Ada banyak ide bisnis dari rumah yang bisa dilakukan, dari berjualan pulsa, membuat makanan ringan hingga membuka toko online. Tidak usah khawatir mengenai bagaimana memulainya karena ada banyak tips dan trik memulai bisnis dengan modal kecil di dunia maya. Pun demikian yang ingin berjualan secara daring, ada banyak cara membuka toko online untuk diikuti, termasuk tips dari Blibli.

Lalu, ide bisnis dari rumah apa saja yang bisa Anda miliki dan pertimbangkan? Untuk bisa mengetahui lebih jelas, daftar dan gambaran umumnya bisa Anda lihat di bawah ini. Tipsnya, sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan yang Anda miliki agar bisnis bisa berkembang dengan pesat dan menguntungkan. Simak, yuk!

1. Membuat kerajinan tangan

Bagi yang suka mengasah kreativitas dengan membuat dan menciptakan sesuatu yang lucu, unik dan menarik, mengapa tidak menjadikannya sebagai produk yang bisa menghasilkan uang? Anda bisa menjajakannya secara online dari rumah. Banyak produk kerajinan yang bisa dijual, misalnya lilin, perhiasan, karya seni, makanan rumahan, mendesain dan menjahit pakaian, merajut pakaian dan selimut, atau kerajinan furnitur kayu dan masih banyak lagi lainnya.

Terlepas dari hasil kreativitas yang Anda wujudkan dalam produk kerajinan buatan Anda, aktivitas ini tak hanya bisa menyalurkan hobi, tapi juga menghasilkan pendapatan tambahan sekaligus menjadi bisnis yang bagus dari rumah.

2. Menjadi reseller atau bisnis dropshipping

Tak memiliki modal besar untuk memulai bisnis jual beli dan toko online, tidak tahu apa yang bisa dijual dan belum memahami secara mendalam keinginan pasar, Anda bisa mempertimbangkan menjalankan bisnis dropshipping dari tempat tinggal Anda.

Dropshipping sendiri merupakan jenis usaha di mana penjual tidak harus melakukan pembelian dalam jumlah tertentu dan memiliki ruang penyimpanan. Dropshipping lebih kepada memasarkan barang dan menyerahkan inventaris dan pengiriman produk oleh pihak pemasok.

Cukup keren, bukan? Bagian terbaiknya adalah memulai bisnis dropshipping dari rumah itu sangat mudah.

Blibli memberikan sejumlah tips dan trik untuk Anda bisa memulai bisnis ini. Cara membuka toko online juga dijelaskan secara gamblang untuk memberikan kemudahan semua orang memulai bisnis dengan modal kecil. Tertarik ambil bagian?

3. Memulai bisnis cetak sesuai permintaan dari rumah

Memiliki keterbatasan dalam membuat produk, namun kaya kreativitas dalam mengolah titik dan garis menjadi hasil seni dan desain yang super asyik dan menarik, maka Anda bisa memulai bisnis cetak sesuai permintaan.

Print-on-demand menjadi pilihan karena jenis usaha dropshipping ini mudah dilakukan. Anda tinggal menawarkan desain yang Anda miliki. Jika konsumen berkenan, Anda bisa mencetaknya di media yang disesuaikan, bisa dalam bentuk t-shirt, alas kaki, atau bahkan gelas mug.

4. Tutor online

Bimbingan belajar online berkembang pesat di periode pandemi dan bertahan sampai saat ini. Apalagi layanan ini mendapatkan dukungan maksimal dengan perkembangan teknologi dan meluasnya penggunaan internet. Individu yang tidak punya waktu untuk menghadiri kelas penuh waktu sudah mulai mengikuti kelas online.

Untuk memulai bisnis ini, Anda tinggal memilih bidang yang Anda kuasai dan mulai membantu orang lain untuk mendapatkan pengetahuan dengan menyediakan kelas virtual. Di setiap tahap, orang suka mempelajari hal-hal baru. Jadi memiliki les online bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

5. Memulai Bisnis Berbasis Layanan Dari Rumah

Sudah tahu, kan, banyak orang membutuhkan layanan digital untuk mengembangkan produk dan layanannya? Beruntungnya ada banyak orang yang bisa mengatasi setiap permasalahan dengan skill dan pengetahuan yang dimiliki.

Bingung memilih bisnis apa yang bisa ditawarkan ke pihak lain? Layanan di bawah ini bisa untuk dipertimbangkan, antara lain desainer grafis, desainer web, developer, jasa transkripsi, penerjemah, penulis konten, editor foto atau video, manajer media sosial, manajer periklanan digital, petugas entri data, asisten virtual, akuntan, konsultan pemasaran, konsultan manajemen dan banyak lagi lainnya.

Tidak hanya sebagai bisnis sampingan, layanan ini bahkan bisa dipertimbangkan sebagai potensi pendapatan utama. Namun pastikan Anda memiliki keahlian yang dibutuhkan sebelum menawarkan layanan yang tepat.

6. Memaksimalkan peluang monetisasi dari media sosial

Jika suka membuat konten, Anda dapat membangun konten dan mendapatkan follower dan memonetisasi audiens Anda. Jika tertarik dengan ide bisnis rumahan ini, Anda harus memilih cara untuk membangun audiens.

Saat ini ada banyak cara untuk mendapatkan banyak follower, mulai dari membangkan pengikut di Instagram, membangun pemirsa YouTube, membuat blog dan meningkatkan jumlah pembaca atau meningkatkan pengikut TikTok. Setelah Anda memiliki pengikut atau pageviews yang relatif besar, Anda bisa menghasilkan uang, baik dari sponsor produk tertentu, pemasaran afiliasi atau menjual produk secara langsung.

Sudah tahu beberapa ide bisnis dari rumah yang bisa dipilih, bukan? Masih ada ide bisnis lainnya yang bisa ditelusuri. Pilihan kini ada di tangan Anda!

  • Bagikan