Hari Menanam Pohon Indonesia, Sulbar Siap Tanam 1,2 Juta Mangrove

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik meninjau lokasi kegiatan pencanangan menanam pohon mangrove, di Pantai Landi, Rangas, Mamuju, Minggu 27 November 2022. --imran jafar/radarsulbar--

MAMUJU, RADARSULBAR– Pemprov Sulbar sudah siap melakukan penanaman pohon mangrove di sepanjang pesisir Paku-Suremana.

Puncak acara menanam pohon dimulai besok, 28 Desember, bertepatan Hari Menanam Pohon Indonesia, di Pusatkan di Pantai Landi, Kelurahan Rangas, Mamuju. Khusus pantai itu akan ditanami 20 ribu pohon mangrove. Gerakan serupa juga akan dilaksanakan serentak di kabupaten lain dan tahap awal Pencanangan ini menargetkan 188 ribu pohon.

Selanjut, kata PJ Gubernur Sulbar Akmal Malik, Sulbar akan menargetkan 1,25 juta pohon dilaksanakan secara bertahap selama bulan Desember 2022. Gerakan itu sebagai tindak lanjut arahan presiden RI Joko Widodo.

“Besok kita akan memulai program kolaborasi bersama-sama dengan forkopimda Sulbar didukung dengan BI Sulbar, dan Lanal Mamuju.
Kita awali besok dengan 188 ribu dengan target 1,2 juta pohon selama bulan Desember,” ujar Akmal saat ditemui meninjau lokasi pelaksanaan Sulbar Menanam Mangrove di Pantai Pantai Landi Kelurahan Rangas Kabupaten Mamuju, Minggu 27 November 2022.

Ia pun berharap masyarakat menyampaikan kepada Pemda jika terdapat lokasi abrasi yang belum tersentuh. Menurutnya kepedulian terhadap lingkungan harus berangkat dari kesadaran masyarakat, karenanya gerakan itu juga sekaligus mengajak masyarakat agar bersama-sama menggerakkan kesadaran terhadap lingkungan.

Diketahui penanaman 1,2 juta mangrove dilakukan secara bertahap di bulan Desember. Itu dilakukan lantaran berbagai kendala, termasuk keterbatasan sumberdaya. Hal itu juga searah dengan ketetapan Presiden yang dengan menetapkan Desember sebagai bulan pencanangan menanam pohon. (jaf)

  • Bagikan