Olivier Giroud Samai Rekor Legenda Prancis Usai Cetak Brace ke Australia

  • Bagikan
Olivier Giroud merayakan gol pada laga Prancis vs Australia di Piala Dunia 2022, Rabu, 23 November 2022.-Twitter/@FIFAWorldCup-

JAKARTA, RADAR SULBAR – Striker Olivier Giroud samai rekor fantastis legenda Prancis usai cetak brace (dwigol) ke gawang Australia di Piala Dunia 2022.

Pertandingan antara Prancis vs Australia telah dihelat di Stadion Al Janoub, Qatar, Rabu, 23 November 2022 dini hari WIB.

Tim nasional Prancis sudah menurunkan 11 pemain terbaik mereka. Buktinya Ajam Jantan bisa meraih tiga poin penuh.

Sedangkan tim nasional Australia juga telah menampilkan pemain-pemain terbaik. Akan tetapi mereka tak kuasa akan kekuatan tim lawan.

Australia unggul duluan pada menit ke-9 babak pertama yang dicetak oleh Goodwin setelah mendapat umpan dari Mathew Leckie dari sisi kanan.

Namun 27 menit kemudian, Prancis bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan gol yang dicetak oleh Adrien Rabiot yang mendapat umpan lambung dari Theo Hernandez. 

Pada menit ke-32, Prancis kembali membobol gawang Australia dengan sepakan Olivier Giroud yang mendapat umpan dari Rabiot. 

Prancis akhirnya bisa menambah keunggulan pada menit ke-68. Kali ini giliran Kylian Mbappe yang mencatatkan namanya di papan skor.

Lewat serangan dari sisi kanan, Ousmane Dembele melepaskan umpan silang ke kotak penalti

Kylian Mbappe, yang berada di depan gawang, bisa memenangi duel udara dan menanduk masuk bola ke gawang Australia. Skor menjadi 3-1.

Keunggulan Prancis bertambah tiga menit berselang. Giroud mencetak gol keduanya pada menit ke-71.

Kylian Mbappe melakukan tusukan di sisi kiri Australia sebelum mengirimkan umpan ke tengah yang bisa disundul Giroud. Prancis memimpin 4-1 hingga laga usai.

Prancis menang atas Australia dengan skor 4-1 dalam laga perdana grup D yang berlangsung Stadion di Al Janoub, Qatar, Rabu, 23 November 2022 dini hari WIB.

Empat gol Prancis masing-masing dicetak oleh Olivier Giroud dengan dua gol dan Adrien Rabiot satu gola serta Kylian Mbappe satu gol. 

Dengan kemenangan ini, tim nasional Prancis pimpin sementara Grup D Piala Dunia 2022 dengan mengoleksi 3 poin.

Di bawahnya ada Tunisia dan Denmark yang bermain imbang tanpa gol 0-0 pada Selasa, 22 November 2022. 

Meski demikian ada catatan menarik di balik laga Prancis vs Australia pada pagelaran Piala Dunia 2022.

Lantaran striker Prancis Olivier Giroud sukses menyamai rekor legenda Prancis, yakni Thierry Henry usai cetak brace (dwigol).

Hal tersebut terungkap berdasarkan laporan situs penyedia statistik sepak bola internasional, Opta Jean.

“Olivier Giroud sudah mencetak 51 gol untuk Prancis dan menyamai catatan Thierry Henry sebagai top skorer Prancis,” tulis catatan tersebut.

Pemain AC Milan itu membutuhkan 115 penampilan bersama Prancis untuk mencetak 51 gol, lebih cepat dibanding Thierry Henry dari 1997 sampai 2010.

Thierry Henry sendiri menciptakan 51 gol dalam 123 pertandingan untuk tim berjuluk Ayam Jantan tersebut.

Antoine Griezmann menjadi pemain terdekat dengan rekor gol Giroud, dengan 42 gol. Sedangkan Karim Benzema telah mencetak 37 gol.

Catatan gol Giroud, Griezmann, dan Benzema masih bisa bertambah ke depannya selama ketiganya belum pensiun dari tim nasional Prancis. (fin)

  • Bagikan