Hujan Tak Kunjung Berhenti, Warga Dusun Mombi Mengungsi, Debit Air Sungai Mandar Naik

  • Bagikan
Rumah warga Dusun Mobi Kecamatan Alu, Polman tergenang air. Jumat 18 November 2022. --Foto: Rezki Amaliah/Radar Sulbar--

ALU, RADAR SULBAR — Warga Dusun Mombi Kecamatan Alu Kabupaten Polman mulai mengungsi.

Dikarenakan Debit air sungai Mandar mulai naik ke ruas jalan raya. Ketinggian air mencapai betis orang dewasa.

Kepala Dusun II Paropo Desa Mombi Abdul Azis mengatakan, hujan yang terjadi sejak pukul 04.30 Wita hingga saat ini menyebabkan debit air sungai Mandar meluap hingga ke pemukiman warga. Sebagian warga memilih untuk mengungsi, lantaran volume air yang semakin tinggi.

“Sejak pagi tadi, warga sudah siaga, menyelamatkan hewan ternak dan barang-barang berharga ke tempat yang lebih aman,” kata Azis, Jumat 18 November 2022.

Azis mengungkapkan, saat ini hujan belum berhenti, warga diminta untuk waspada dan tidak panik. Sementara, beberapa pengendara sepeda motor kesulitan untuk melintas, lantaran arus air yang naik di ruas jalan penghubung Kecamatan Alu dan Limboro tersebut cukup deras.

“Kalau mau melintas harus ekstra hati-hati, bahkan beberapa kendaraan roda dua yang ingin melintas memilih putar balik, karena arusnya deras,” ujar Azis.

Salah seorang warga Dusun II Paropo Desa Mombi, Mardin menyampaikan, beberapa anggota keluarganya, terutama lansia sudah diungsikan di rumah kerabat yang lebih aman.

Ia menuturkan, warga sudah beberapa kali menghadapi bencana banjir bandang, sehingga sejak awal sudah bergegas menyelamatkan barang berharga.

“Pernah banjir bandang terparah waktu 2009, sering memang banjir kalau hujan deras, tapi barusan lagi ini sampai ke jalan raya air,” tutup Mardin. (rzk/*)

  • Bagikan