Dinas Pertanian Mamasa Siapkan 2.000 Dosis Vaksin Cegah PMK 

  • Bagikan
VAKSIN. Dokter hewan Distan Mamasa, Drh Elvi Susanti saat melakukan vaksinasi PMK terhadap ternak kerbau di Desa Osango Kecamatan Mamasa. --IST–

MAMASA, RADARSULBAR — Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mamasa melaksanakan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tahap kedua. Dalam vaksinasi ini Distan Mamasa menyiapkan 2.000 dosis vaksin untuk mencegah penyebaran PMK di Bumi Kondosapata.

Dokter hewan Bidang Peternakan Distan Mamasa, Drh. Elvi Susanti menyampaikan sebanyak 2.000 dosis vaksin disiapkan untuk mencegah penyebaran PKM. Untuk dosis pertama sebanyak 1.000 dan vaksin kedua 1.000 dosis sehingga total 2.000 dosis vaksin yang dihabiskan.

Drh Elvi Susanti menambahkan pemberian vaksin PMK belum dilakukan di seluruh Kabupaten Mamasa. Baru Kecamatan Mamasa, Nosu dan Tawalian yang telah dilakukan vaksin PMK.

“Saat ini sementara jalan vaksin kedua sejak 30 September dan direncanakan selesai pada 20 Oktober,” terangnya.

Ia mengaku pihaknya melakukan vaksinasi PMK berdasarkan permintaan tiap kecamatan yang telah siap.

Namun kedepannya akan dilakukan kembali vaksinasi PMK secara nasional bagi kecamatan yang belum.

“Tetapi jadwalnya juga belum diketahui kapan pastinya,” sebutnya.

Saat pelaksanaan vaksinasi kedua di khusus bagi ternak sapi dan kerbau. Meskipun ada beberapa ternak babi juga yang divaksin. Vaksinasi PMK ini bertujuan pembatasan penyebaran PMK pada ternak, melindungi kelompok hewan dengan nilai tinggi, dan mengurangi dampak ekonomi akibat penyebaran PMK. (r4/mkb/jaf)

  • Bagikan