Sulit Diakses, Pedagang Minta Lokasi Penjualan Direlokasi

  • Bagikan
BERBINCANG. Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar saat berbincang dengan pedagang ikan Pasar Sentral Pekkabata, Selasa 4 Oktober 2022. –arif budianto/radarsulbar–

POLEWALI, RADARSULBAR — Mengeluh sepi dari pembeli, pedagang ikan Pasar Sentral Pekkabata minta direlokasi ke tempat yang mudah dijangkau oleh pembeli. Keberadaan pasar ikan yang berada di lantai dua Pasar Sentral Pekkabata menurut para pedagang perlu dievaluasi.

Karena masyarakat enggan berbelanja di pasar lagi saat waktu sore karena harus menaiki tangga.

Apalagi anak tangga cukup banyak sementara sejak beberapa bulan terakhir sudah ada penjualan ikan dan sayuran di Manding berlokasi di pinggir jalan. Sehingga membuat pedagang lebih memilih tempat tersebut. 

“Kami meminta agar bisa diberi kebijakan oleh pemerintah agar dapat berjualan dibawah. Kalaupun tidak bisa pindah ke bawah seterusnya kami berharap bisa jualan saat sore atau ba’da salat ashar saja,” ujar Muhlis salah satu pedagang ikan Pasar Sentral Pekkabata Polewali.

Lanjutnya, pedagang meminta ditempatkan di tempat yang mudah dijangkau masyarakat. Terserah dari pemerintah ditempatkan di samping kiri atau kanan pasar.

Ia juga mengungkapkan sejak kehadiran para pedagang di Jalan Birbon Manding masyarakat lebih memilih beli ikan kesana. Karena semua yang dijual di pasar juga ada disana dan mereka berjualan di pinggir jalan. 

Menanggapi permintaan pedagang ikan, Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar mengatakan akan mengidentifikasi dan mencari tahu kebenaran keberadaan pasar liar di luar pasar. Untuk itu pihaknya sudah meminta Kasatpol dan jajarannya mencari tahu dan mengimbau agar berjualan di atas pasar ikan. 

“Dalam waktu dekat ini kita akan mengumpulkan para pedagang ikan tujuannya untuk menyerap aspirasi mereka juga tujuannya untuk dapat meningkatkan kesejahteraannya,” jelas Andi Ibrahim Masdar. 

Ia juga menyampaikan, pedagang mengeluh ke mereka karena pegawai malas belanja ikan ke pasar. Sehingga mereka meminta bisa berjualan dibawah. Akan diupayakan asal mereka tertib untuk kebersihan dan tidak mengganggu pengguna jalan. 

Kepala Disperindagkop Polman Andi Chandra Sigit mengatakan akan melihat sistem drainasenya dahulu sebelum dipindahkan ke bagian bawah pasar. “Kita lihat drainasenya dulu kalau selokannya bagus itu tidak masalah. Karena kalau drainase tidak bagus tentu akan jadi masalah baru untuk itu kita akan kaji dahulu,” jelasnya.

Sementara keberadaan pasar di luar Pasar Sentral Pekkabata, Ia menyampaikan bahwa keberadaan pasar tersebut dibawah kewenangan pihak kelurahan. (arf/mkb/jaf)

  • Bagikan

Exit mobile version