Unsulbar Hadirkan Pojok Statistik, Permudah Akses Data Bagi Mahasiswa

  • Bagikan
RESMIKAN. Deputi Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pusat, Setianto bersama Kepala BPS Sulbar dan Bupati Majene resmikan Pojok Statistik Unsulbar, Selasa 20 September 2022. --muh.mabrur/radarsulbar--

MAJENE, RADAR SULBAR — Pojok Statistik merupakan tempat mahasiswa untuk belajar tentang statistik, konsultasi dan diskusi terkait data. Pojok Statistik akan menyediakan data-data yang bisa diakses untuk tujuan riset, skripsi mahasiswa.

Pojok Statistik di Universita Sulawesi Barat (Unsulbar) diresmikan Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pusat, Setianto. Peresmian ini dirangkaikan dengan kuliah umum mahasiswa Unsulbar, Selasa 20 September 2022.

Menurut Setianto, Pojok Statistik ini untuk mendekatkan BPS kedunia pendidikan, akademi, mahasiswa.

“Mahasiswa merupakan calon pemimpin bangsa, kita ingin data statistik dimaknai dengan benar,” ujar Setianto, Selasa 20 September.

Kata dia, Pojok Statistik menjadi tempat mahasiswa konsultasi berbagai hal utamanya data statistik termasuk pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Kalau mereka paham tentunya mereka akan melihat angka BPS itu lebih objektif.

Selain itu pemerintah juga akan dimudahkan dengan adanya pemahaman yang semakin baik terkait data statistik. Sehingga pengguna data BPS itu bisa memaknai data statistik lebih baik.

Kepala BPS Provinsi Sulbar Tina Wahyufitri menjelaskan Pojok Statistik di perguruan tinggi karena BPS menganggap akdemisi itu merupakan pengguna data yang terbesar di Sulbar.

“Karena data kami telah digunakan oleh mahasiswa. Olehnya kami membuka layanan untuk diskusi masalah statistik. Seperti inflasi, pertumbuhan ekonomi bila ingin mendalami bisa dikonsultasikan di pojok statistik ini,” ungkapnya.

Selain itu, akademi sering memerlukan data terbaru, tetapi mereka tidak tahu kapan rilis data kemiskinan.

“Olehnya itu kita buka Pojok Statistik untuk memberi tahu, melalui pelayanan edukasi statistik,” ungkapnya.

Pojok Statistik ini merupakan yang pertama di Sulbar. Pada Bulan Agustus, BPS sudah melakukan MoU dengan Universitas Muhammadiyah Mamuju.

“Insya Allah tanggal 26 September ini juga akan MoU dengan Universitas Tomakaka. Kami berharap statistik tidak hanya milik orang esakta tetapi juga masyarakat umum,” ungkapnya.

Rektor Unsulbar Aksan Djalaluddin menuturkan sangat mengapresiasi dengan adanya pojok statistik. Karena mahasiswa Unsulbar bisa belajar banyak tentang statistik dengan baik dan benar. (r2/mkb/jaf)

  • Bagikan