Mulai Disalurkan, 3.090 KPM Bakal Terima BLT Subsidi BBM dan Bantuan Sembako

  • Bagikan
Petugas PT Pos Indonesia Cabang Pekkabata membagikan BLT Subsidi BBM kepada salah seorang warga di Kantor Kelurahan Darma Kecamatan Polewali, Minggu 11 September 2022.

POLEWALI RADAR SULBAR — Bantuan Langsung Tunai (BLT) Subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) mulai disalurkan di Kabupaten Polewali Mandar, Minggu 11 September 2022.

Penyaluran ini dilakukan Kementerian Sosial (Kemensos) bekerjasama dengan PT Pos Indonesia. Bantuan ini diberikan untuk meringankan beban masyarakat pasca pemerintah menaikkan harga BBM.

Petugas PT Pos Indonesia melakukan penyaluran BLT subsidi BBM langsung ke masyarakat yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan atau Kantor Desa. Penyaluran ini dilakukan mulai, Sabtu 10 September. Khusus penyaluran BLT subsidi BBM di Kelurahan Darma Kecamatan Polewali, Minggu 11 September.

Sebanyak 574 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kelurahan Darma menerima BLT subsidi BBM yang disalurkan petuga PT Pos Indonesia Cabang Pekkabata, Kabupaten Polman, Minggu 11 September 2022.

Warga sejak pagi hari antre menunggu giliran untuk pencairan subsidi BBM di Kantor Kelurahan Darma. Agar tidak panjang antrean dan berkerumun, pihak Kelurahan Darma membagi jadwal per lingkungan.

Syarat untuk mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 500 ribu terdiri dari BLT subsidi BBM sebesar Rp 300 ribu ditambah bantuan sembako senilai Rp200 ribu. KPM penerima wajib membawa surat undangan yang telah dikirim PT Pos Indonesia ke masing masing alamat penerima. Selain itu memperlihatkan KTP dan KK untuk disesuaikan dengan data daftar nama penerima yang telah tercatat dari Kementerian Sosial RI.

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kasi Kesra) Kelurahan Darma Petrus mengatakan jumlah warga penerima di Kelurahan Darma sebanyak 574 KPM. Jumlah ini tersebar di tujuh lingkungan yang meliputi lingkungan Pulele, Jambu Tua, Dara, Batu-Batu, Mombi, Kiri-Kiri dan Koppe.

“Penyaluran hanya dilakukan sehari, saat penyaluran kami tetap mengedepankan protokol kesehatan. Untuk menghindari kerumunan antrean kami bagi waktu atau jam pembagian per lingkungan. Jadi ada lingkungan yang dilayani pagi, siang hingga sore sampai tuntas 574 KPM,” terang Petrus.

Salah satu warga penerima bantuan subsidi BBM, Kasmawati mengaku berterima kasih kepada pemerintah atas bantuan yang diberikan dapat mengingatkan beben hidup ditengah kenaikan harga BBM subsidi.

“Alhamdulillah, ini sangat membantu ditengah melonjaknya harga BBM dan keburuhan pokok,” ujar Kasmawati ditemui di Kantor Lurah Darma, Minggu kemarin.

Kepala PT Pos Indonesia Cabang Pekkabata, Muhlis mengatakan untuk wilayah kerjanya hanya melayani satu kecamatan yakni Kecamatan Polewali. Sebanyak 3.090 KPM menerima BLT subsidi BBM dan bantuan sembako di Kecamatan Polewali meliputi sembilan kelurahan yakni Kelurahan Darma, Manding, Pekkabata, Madatte, Lantora, Takatidung, Sulawetang, Wattang dan Polewali.

Setiap warga penerima berhak mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 500 ribu. Jumlah penerima di wilayah Kecamatan Polewali sebanyak 3.090 KPM terbanyak di Kelurahan Darma. Jadwal pencairan BLT subsidi BBM ini dilakukan sejak Sabtu 10 September hingga Senin 12 September.

“Distribusi BLT subsidi BBM dan bantuan sembako Bulan September ini diprediksi rampung tiga hari kedepan. Namun, bagi warga penerima yang tidak sempat hadir menerima pada jadwal yang telah ditentukan, bisa datang langsung ke kantor Pos Indonesia pada jam kerja,” tutup Muhlis. (mkb)

  • Bagikan