HUT RI, Komunitas Sahabat Penyu Gelar Lomba Hingga Pelepasan Tukik 

  • Bagikan
PELEPASAN PENYU. Mahasiswa dan anak melakukan pelepasan penyu saat kegiatan Penyu Merdeka di Pantai Mampie Desa Galeso Kecamatan Wonomulyo, Rabu 17 Agustus 2022.--IST--

POLEWALI, RADARSULBAR –Komunitas Sahabat Penyu turut meramaikan kegiatan HUT RI, dengan tema “Penyu Merdeka”, di halaman Rumah Penyu Pantai Mampie, Rabu 17 Agustus 2022. 

Selain pelepasan penyu, Sahabat Penyu juga menggelar sejumlah lomba dengan tujuan mempererat tali persaudaraan sesama warga. Tidak kalah pentingnya adalah kampanye konservasi dan sosialisasi. 

Ketua Sahabat Penyu Muhammad Yusri mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 Tahun. 

“Kita ikut berpartisi merayakan HUT RI ke 77 dengan berbagai kegiatan yang tentunya tidak keluar dari tema konservasi termasuk pelepasan tukik,” kata Yusri.

Ia sengaja mengambil tema penyu merdeka pada perayaan HUT RI yang dilaksanakan di rumah penyu ini agar satwa yang terancam punah khususnya penyu juga bisa merasakan kemerdekaan dan kebebasan agar tetap lestari dari ancaman para pemburu telur dan penyu itu sendiri.

Sementara Muhammad Alwi, salah seorang mahasiswa KKN Unasman yang ikut pada kegiatan penyu merdeka mengaku  senang karena bisa mendapat pengetahuan baru seputar kegiatan pelestarian dan fungsi penyu itu sendiri.  

“Alhamdulillah kami sangat senang bisa ikut kegiatan penyu merdeka ini.  Selama kegiatan kami bisa menambah pengetahuan mengetahui secara langsung proses penyu bertelur dan semoga pelestarian penyu ini semakin berkembang, masyarakat juga bisa semakin sadar,” kata Alwi.

Sekitar 200 ekor tukik jenis penyu lekang yang dilepas pada kegiatan penyu merdeka di kawasan rumah penyu Pantai Mampie. (mkb/jaf)

  • Bagikan