M.Nur P Terpilih Sebagai Tomakaka Taan, Acara Pelantikan Bakal Undang Raja dan Bupati Mamuju

  • Bagikan
Tomakaka Taan Terpilih, M. Nur P

MAMUJU, RADARSULBAR – Salah satu struktur lembaga adat dalam masyarakat adat adalah Tomakaka.

Demikian di Desa Taan sebagai masyarakat adat telah sepakat melalui musyawarah keluarga mempercayakan M. Nur P sebagai Tomakaka Taan. Setelah terpilih tentunya Tomakaka juga dilantik orang tertentu, dan yang akan melantik Tomakaka Taan adalah Indo Kada Nene YM. Drs H Amir Talambe Dg. Magguling.

Rencananya pelantikan dihadiri Maradika (raja) Mamuju Andi Bau Akram DAI, serta mengundang Bupati Mamuju Sutinah Suhardi. Prosesi pelantikan bakal digelar di Desa Taan Kecamatan Tapalang, pada 21 Agustus 2022. Sejumlah pemangku adat juga bakal hadir pada upacara sakral itu.

Kepala Desa Taan Rahmat Kasim menjelaskan, masyarakat desa Taan sebagai masyarakat adat masih memegang teguh akan pentingnya panutan dalam suatu wilayah. Karena itu juga menjadi Tomamaka tidaklah sembarang orang.

Pentingnya Tomakaka menjadi petunjuk bagi masyarakat adat dalam menyelesaikan persoalan di tengah masyarakat. Khususnya persoalan adat. Dalam hal ini Tomakaka hadir di tengah masyarakat, membantu pemerintahan dalam menegakkan keamanan dan ketentraman di tengah masyarakat,

“Tomakaka adalah pengayom, menegakkan keadilan sosial dan memberi rasa aman bagi masyarakatnya. Dengan adanya Tomakaka maka situasi dan kondisi masyarakat tetap harmonis,” ungkapnya

Ketua Panitia, Asran mengatakan, persiapan pelantikan sudah rampung 70 persen. “Semoga persiapan acara ini bisa terselenggara dengan baik dan berjalan dengan Lancar,” pungkasnya. (jaf)

  • Bagikan