Pustu Lenggo Minim Fasilitas, Ibu Hamil Ditandu 12 Kilometer ke Puskesmas

  • Bagikan
ILUSTRASI--dok.radarsulbar--

POLEWALI, RADARSULBAR –Pustu Lenggo, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman) minim fasilitas. Akibatnya seorang ibu hamil terpaksa ditandu sejauh 12 Kilometer ke Puskesmas Bulo.

Salah seorang warga Desa Lenggo Muh Yusuf mengatakan,beberapa kali meminta kepada Dinas Kesehatan Polman agar diadakan fasilitas brupa kilometer listrik sendiri untuk Pustu. Selain itu, sarana lainnya seperti tempat tidur untuk melayani pasien ibu hamil.

“Masyarakat khawatir melahirkan di Pustu karena fasilitasnya saja masih sangat kurang. Sehingga mereka memilih ke Puskesmas Bulo walaupun harus ditandu,” ungkap Muh Yusuf, Agustus 2022.

Ia juga mengatakan, untuk pengobatan seperti luka masyarakat memang masih berobat di Pustu. Namun untuk melahirkan masyarakat tidak berani di Pustu karena kurangnya fasilitas yang seharusnya disiapkan.

Terpisah, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinkes Polman Sukri mengatakan, Pustu Lenggo memang sangat memprihatinkan. Diakuinya Pustu tersebut masih menumpang listrik milik warga yang bersebelahan dengan Pustu.

“Masyarakat di sana sudah berulang kali menyampaikan keluhan ke pihaknya. Kami juga selalu mengusulkan hal ini. Namun pada saat diusulkan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) itu tidak pernah mendapat persetujuan. Sehingga sampai hari ini hal ini belum dapat dipenuhi,” ujar Sukri.

Ia juga mengatakan, baru-baru ini Ia merogoh koceknya lantaran papan Pustu tersebut sudah rusak dan warga berniat memperbaiki. Sehingga Ia pun menyumbang alakadarnya.

Sementara terkait tidak adanya bed atau tempat tidur pasien, Sukri mengatakan akan berkoordinasi dengan pihak RSUD untuk mencari bed yang sudah tidak difungsikan. Kemudian akan dibawa ke Pustu Lenggo. (arf/mkb)

  • Bagikan