Titik Finish Festival Sandeq di Pantai Manggar Balikpapan

  • Bagikan
TINJAU. Bupati Polman H Andi Ibrahim Masdar bersama panitia Festival Sandeq 2022 didampingi Ketua Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) Kaltim, Junaedi Latif serta perwakilan Pemkot Balikpapan saat mengunjungi Pantai Manggar, Kamis 14 Juli 2022.--humas pemkab polman–

POLEWALI, RADARSULBAR–Panitia Festival Sandeq-Indonesia Mendukung IKN melakukan survei ke Balikpapan, Kaltim, Kamis 14 Juli 2022. 

Survei yang dipimpin langsung Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar bersama panitia lokal serta tim teknis Festival Sandeq bertujuan menentukan lokasi finish perahu Sandeq.

Selain itu, juga meninjau tempat pagelaran kesenian dan pameran (ekspo) di Pantai Balikpapan Super Block (BSB). Serta, melakukan pertemuan dengan Sekkot Balikpapan Muhaimin beserta jajaran Pemkot Balikpapan dan pengurus Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) Kaltim.

Panitia pun memantapkan titik finish di Pantai Manggar Kecamatan Balikpapan Timur Kota Balikpapan, pada pada 9 September 2022. Di pantai itu juga akan ada pagelaran kesenian. Ada juga pameran di titik lain, yaitu Pantai BSB Balikpapan. 

“Pantai Manggar Balikpapan, sebagai lokasi finish peserta Festival Sandeq 2022. Pantainya sangat cocok, sesuai ekspektasi kami. Sangat luar biasa. Masyarakat bisa menyaksikan Festival Sandeq dari segala penjuru. Pantainya bersih dan memenuhi standar untuk dijadikan titik finish,” terang Panitia Lokal Festival Sandeq, Agusniah, Kamis 14 Juli 2022. 

Koordinator Lapangan Festival Sandeq 2022, Muhammad Ishak bersama Ridwan Alimuddin juga mengakui Pantai Manggar sangat cocok dijadikan titik finish. Pantainya mampu menampung Sandeq saat merapat di Kota Balikpapan.

Nanti, saat perahu Sandeq finis akan diadakan penyambutan kesenian tari kolosal yang melibatkan sekira 80 orang penari yang merupakan putra-putri dari anggota KKMSB di Kaltim, khususnya Balikpapan. 

“Dua lokasi di Balikpapan yang menjadi pusat Festival Sandeq 2022, yakni Pantai Manggar dan Pantai BSB. Masing-masing berbeda karakter, tetapi intinya sangat lumayan menjadi tempat Passandeq,” ujar pria yang akrab disapa Ishak Jenggot itu.

Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar mengatakan, hasil kunjungan ini akan dilaporkan ke Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar Akmal Malik. Utamanya terkait kesiapan Pemkot Balikpapan menyambut Festival Sandeq.

AIM (sapaan akrabnya) pun mengajak seluruh warga KKMSB maupun warga Sulawesi di Pulau Kalimantan beramai-ramai menyaksikan festival dari Sulbar tersebut. “Bukan hanya menyaksikan perahu Sandeq, tapi juga ada penampilan kesenian, fashion show dan pameran potensi daerah Sulbar. Kegiatan ini digelar dalam rangka mendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke depan,” tandasnya. 

Ia berharap Festival Sandeq 2022 ini menjadi hiburan masyarakat Balikpapan khususnya warga Mandar yang sudah lama bermukim di Kaltim. (mkb/jaf)

  • Bagikan

Exit mobile version