Bold Riders Mamuju Berbagi Kurban ke Desa Terpencil Terdampak Banjir

  • Bagikan
Bagi Kurban ke Desa Terpencil..dok.radarsulbar--

MAMUJU, RADARSULBAR– Pada momen Idul Adha 1443 H, gabungan komunitas motor Bold Riders di Mamuju Sulawesi Barat membagikan kurban ke warga kurang mampu di desa terpencil yang terdampak banjir.

Kurban dengan tema ‘KITA Berbagi 2022, Bangkit Bersama Menjadi Pemenang’ tersebut diharapkan menjadi penghibur bagi warga yang baru saja mengalami musibah.

Kurban yang merupakan bagian dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tersebut  dilaksanakan selepas salat ied pada Minggu 10 Juli 2022 di dua tempat berbeda, yaitu Mamuju dan Mamuju Tengah.

Untuk wilayah Mamuju dilakukan oleh empat komunitas yakni YVCI Mamuju, MVC Mamuju, CVC  Mamuju, dan CMXC Mamuju. Sedangkan tiga komunitas yang terlibat di Mamuju Tengah adalah MVC Mateng, NTC Mateng, dan Scotato Mateng.

Muh Jabal Akbar Asnur selaku penanggung jawab kegiatan kurban di Mamuju menjelaskan kurban kali ini adalah yang ketiga kali digelar bersama Kolaborasi KITA. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, komunitas memilih lokasi distribusi di desa-desa terpencil yang belum menerima kurban.

“Kali ini kami berbagi ke warga Kelurahan Rangas, Lingkungan Sese, Dusun Sese Utara yang baru saja mengalami musibah banjir. Lokasi desa tersebut cukup jauh dari pusat kota,” ujar Muh Jabal, Kamis 14 Juli 2022.

Pemotongan kurban dilakukan anggota komunitas bersama warga di salah satu masjid desa setempat. Jumlah hewan kurban sebanyak 2 ekor kambing yang dibagi menjadi 100 paket dengan bungkus ramah lingkungan berupa daun pisang.

“Di masjid itu memang tidak ada yang berkurban selain dari Bold Riders. Masyarakat sangat antusias, saat pemotongan dan pengemasan warga sudah ramai berkumpul di sekitar masjid,” ujarnya.

Muh Jabal berharap kurban dan aksi sosial lainnya dapat menjadi event tahunan komunitas Bold Riders sebagai bentuk kontribusi terhadap masyarakat. Kolaborasi ini juga diharapkan mampu menguatkan solidaritas antar komunitas.

M Fajri, penanggung jawab kegiatan kurban di Mamuju Tengah Sulawesi Barat menambahkan kurban oleh gabungan komunitas di area ini dilaksanakan di Dusun Padada. Penyembelihan dilakukan komunitas bersama panitia kurban di dusun setempat. Sebanyak 2 ekor kambing yang dikemas menjadi 100 paket daging dengan bungkus daun pisang.

“Desa itu termasuk terpencil, akses jalan menuju lokasi masih tanah. Sebagian besar warga berprofesi sebagai petani dan tidak banyak yang kurban di sana,” ujarnya.

*PROGRAM KITA BERBAGI 2022

Program KITA Berbagi 2022 serentak dilaksanakan di 87 kabupaten/kota di Indonesia Timur. Terdapat 637 sapi dan kambing yang akan dibagikan ke masyarakat.

Pada program ini, Kolaborasi KITA mengusung konsep Gerakan Ramah Lingkungan. Dimana seluruh komunitas menggunakan wadah ramah lingkungan seperti besek, daun jati, dan daun pisang untuk membungkus paket daging kurban yang akan diberikan ke masyarakat.

Pada tahun 2020 dan 2021, KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapaiannya. Pada tahun 2021, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini Kolaborasi KITA juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Hingga saat ini sebanyak 10.583 paket daging kurban dengan wadah ramah lingkungan telah dibagikan ke masyarakat. Data ini adalah jumlah sementara dan akan terus bertambah dalam sepekan ke depan. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version