Akmal Malik: Tanpa Demand, Buka Rute Penerbangan Mamuju-Kalimantan Pun Sangat Sulit

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik bersama sejumlah Kepala OPD Pemprov Sulbar, Usai Apel Pagi di Rujab Gubernur Sulbar, Senin 11 Juli 2022.--imran jafar/radarsulbar--

MAMUJU, RADARSULBAR–Rencana pembukaan rute Mamuju-Jakarta nampaknya sulit terealisasi. Itu karena permintaan penerbangan masuk dan keluar Sulbar atau demand pesawat masih sangat rendah.

Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik mengatakan, sudah melakukan pertemuan dengan beberapa maskapai, Sriwijaya maupun Citylink, namun lagi-lagi persoalan demand tetap menjadi penentu.

Dijelaskan, demand menjadi dasar bagi maskapai membuka rute penerbangan Mamuju-Jakarta, tentu maskapai tidak ingin dirugikan. Disisi lain, kata Akmal, Sulbar dengan kondisi fiskal yang sangat kecil bakal kesulitan mengandalkan subsidi.

Untuk itu, Alternatifnya bakal membuka rute penerbangan Mamuju-Kalimantan. Ia akan kembali mencoba melakukan komunikasi dengan maskapai.

Meski begitu, Akmal berharap Sulbar tetap mendorong pelaksanaan event nasional di Sulbar. Dengan begitu demand pesawat meningkat dan menjadi dasar membuka rute Mamuju-Jakarta.

“Organisir acara agar demand untuk pesawat naik. Pesawat tidak ada masuk karena kita tidak atur demandnya. Itulah saya selalu minta agar OPD mendorong kegiatan itu,” tegas Akmal, Senin 11 Juli 2022. (jaf)

  • Bagikan

Exit mobile version