Jaring Enumerator Data Desa Presisi Sulbar, Hanya di Desa Ini Yang Boleh Mendaftar

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR–Bagi kalian yang memiliki keahlian dalam melakukan pencacahan data, segera daftarkan diri ikut berperan aktif mewujudkan Data Desa Presisi di Sulbar.

Ini kesempatan mengembangkan wawasan sekaligus menjadi pencetus DDP di Sulbar.

Program DDP merupakan fokus utama pemprov Sulbar dibawah kendali Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik. Dengan harapan Sulbar memiliki Data Desa Presisi (DDP), yaitu data akurat sebagai data dasar penyelenggaraan pemerintah daerah.

Pemprov sudah melakukan sosialisasi program DDP dihadapan ratusan kepala desa di Sulbar beberapa waktu lalu. Setelah tahapan itu, berikutnya melakukan perekrutan enumerator. Pemprov Sulbar tidak sembarang dalam mengambil enumerator, dan hanya mereka yang berada di lokus DDP yang boleh mendapat kesempatan menjadi enumerator DDP.

Lokus DDP dimaksud adalah desa atau kelurahan yang berada di Kecamatan Bambanglamotu Pasangkayu, Kecamatan Pangngale Mamuju Tengah, Kecamatan Simboro Mamuju, Kecamatan Tubo Sendana Majene, Kecamatan Anreapi Polman, Kecamatan Sumarorong Mamasa. Begitu juga mekanisme perekrutan, akan dijalankan aparat desa di lokus DDP itu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sulbar Muh Jaun mengatakan, Pemprov bekerjasama Institut Pertanian Bogor (IPB) menyusun panduan perekrutan enumerator DDP. Termasuk jadwal yang diberikan setiap desa dalam melakukan perekrutan.

“Dalam waktu dekat panduan ini kita serahkan ke kecamatan agar menjadi panduan setiap desa melakukan perekrutan,” ujar Jaun. (jaf)

  • Bagikan