Polman Dapat Suntikan Rp10 Miliar APBN Bangun Perpusatakaan Percontohan

  • Bagikan
SPORT CENTER. Lokasi pembangunan Perpustakaan di kawasan Sport Center Polewali. --arif budianto/radarsulbar--

POLEWALI, RADARSULBAR — Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar akan membangun gedung perpustakaan baru tahun 2022. Rencananya bangunan perpustakaan ini dengan kontruksi lantai tiga termegah dan menjadi percontohan di Sulawesi Barat.

Rencananya anggaran pembangunan perpustakaan tersebut akan menelan anggaran sebesar Rp 10.000.000. Anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022. Rencananya, lokasi bangunan perpustakaan ini akan ditempatkan di area Sport Center Polewali. Tepatnya di sisi kanan gerbang masuk Sport Center Polewali.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Perpusda) Polman Aco Djalaluddin AM menyampaikan proses lelangnya saat ini sudah ditayangkan di Unit Lelang Pemerintah (ULP) Pemkab Polman. Ia menjelaskan anggaran Rp 10 miliar ini bersumber dari APBN. Anggaran ini khusus pembangunan gedung saja belum termasuk mobiler dan tambahan koleksi buku dan jaringan internetnya.

“Hanya bangunan saja dengan konstruksi tiga lantai. Diatasnya yakni lantai tiga konsep Cafe sehingga pengunjung dapat bersantai sembari membaca,” jelas Aco Djalaluddin AM.

Ia bertahap pembangunan gedung dulu baru mobilernya. Sementara untuk buku bacaannya akan memanfaatkan buku bacaan yang ada di Perpustakaan saat ini. Selain itu akan menambah koleksi buku bacaan.

Mantan Kasatpol PP Polman ini mengungkapkan, perpustakaan ini sengaja ditempatkan di Sport Center agar orang yang ingin berolahraga setelah beristirahat dapat mengisinya dengan membaca. Kemudian ada dua kampus yang berdektan dengan lokasi tersebut sehingga mahasiswa dari Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) dan Institut Agama Islam (IAI) DDI Polman bisa dengan mudah mengakses perpustakaan.

Ia juga nengatakan, bangunan seluas 25 kali 30 meter ini tidak akan terlalu banyak menggangu pohon yang ada di area tersebut. Karena pembangunannya di tempatkan di lahan kosong.

Ia juga memastikan bangunan perpustakaan ini bisa di manfaatkan oleh masyarakat tahun ini. Setelah proses pembangunannya dirampungkan. Sementara untuk mobilernya sudah diusulkan ke Perpustakaan Nasional untuk dianggarkan tahun 2023 mendatang. (arf/jaf)

  • Bagikan