Samsung Galaxy M33 5G Janjikan Performa Tangguh dan Baterai Besar, Simak Reviewnya

  • Bagikan
Perangkat smartphone Samsung Galaxy M33 5G.--dok jawapos--

SAMRTPHONE 5G dari Samsung saat ini banyak varian di pasaran. Dari kelas atas sampai biasa, Samsung hampir miliki semuanya. Akhir-akhir ini, Samsung rajin menghadirkan Galaxy M Series. Belum lama Samsung kembali meluncurkan smartphone 5G murah ke pasar Indonesia lewat Samsung Galaxy M33 5G.

Kehadiran samsung Galaxy M33 5G menemani suksesornya M23 5G yang lebih dulu hadir. Sebagai smartphone terbaru Samsung, Spesifikasi Galaxy M33 5G menjanjikan performa tangguh dan baterai besar. Meski harga tergolong murah, spesifikasi Galaxy M33 5G lumayan bagus di kelasnya, seperti kamera, prosesor, dan baterai.

Berikut kami ungkapkan hasil ulasan selengkapnya.

Desain

Smartphone Galaxy M33 5G masih hadir dengan desain layar serupa dengan sejumlah perangkat karya Samsung terdahulu. Desain berponi atau notch. Bentuk notch-nya sendiri familiar, disebut Infinity-V, poni layar ini sekelas dengan Galaxy M23 5G.

Pada bagian belakang, Galaxy M33 5G punya penampilan yang justru mirip seri di atasnya yakni M53 5G. Hal ini ditandai dengan bentuk housing kamera utama yang berpola square atau persegi mirip iPhone 13 Pro Max.

Bodi berbahan plastik mengkilat dengan tekstur pewarnaan yang simpel, matte atau solid namun tetap memantulkan cahaya. Pilihan warnanya sendiri ada tiga, bronze atau tembaga, hijau dan biru tua.

Tekstur demikian punya ketahanan yang cukup baik terhadap bekas sidik jari, atau potensi goresan. Mengingat Samsung Galaxy M Series saat ini kebanyakan tidak disertai dengan aksesori pelindung casing belakang, bodi dengan sentuhan ini punya nilai tambah.
Perangkat smartphone Samsung Galaxy M33 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Pada bagian belakang smartphone, ada empat kamera. Sementara di area tepi kanan, ada tombol power dan volume’Up-Down’. Di kiri ada slot SIM Card (triple slot) di atas polos dan di bagian bawah ada deretan lubang pengisian daya Type-C, speaker dan jack earphone. Area sisinya halus. Nggak begitu tebal, kendati desainnya secara keseluruhan menurut kami tanggung, lama-lama menggenggam Galaxy M33 5G masih enak. Nggak pegel, nggak sakit.

Meski desainnya biasa, Samsung Galaxy M33 5G secara menyeluruh masih oke. Warna-warnanya menarik, kalem, anteng, dan tidak norak.

Layar TFT

Di sisi visual, layar Galaxy M33 5G sudah oke. Panel layarnya besar yakni 6,6 inci. Resolusinya juga tinggi yakni Full HD Plus. Selain itu, layar HP telah mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz yang lebih responsif.

Di sektor layar, yang menurut kami sangat disayangkan adalah penggunaan panel TFT LCD. Seperti sudah sering kami ulas, panel jenis ini sebetulnya bagus, tajam, masih bisa maksimal juga, namun warnanya sedikit pucat. Untuk beberapa keperluan seperti saat mengambil foto dan video, berdasarkan pengalaman kami yang sudah menggunakan banyak ponsel dengan panel TFT LCD, layar jenis ini kecenderungannya pucat. Tone warnanya terlalu warm.

Namun, untuk penggunaan lainnya, layar jenis ini tetap bisa tampil maksimal. Di Galaxy M33 misalnya, refresh rate-nya sudah tinggi, layarnya responsif, pengalaman sentuhnya juga halus. Saat varian di atasnya berani pakai AMOLED, kenapa Galaxy M33 5G masih pakai TFT.

Performa

Kendati layarnya biasa saja, di sektor performa justru lain. Hape ini memiliki spesifikasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Prosesor yang disematkan di Galaxy M33 5G adalah Exynos 1280 dengan arsitektur 5 nm. Chipset ini mampu memberikan performa yang maksimal, sehingga smartphone tidak akan mengalami lag baik saat dipakai untuk bermain game atau sekedar scroll timeline media sosial.

Kapasitas RAM yang diberikan juga besar. Ponsel ini menawarkan 2 opsi RAM yakni RAM 6 GB atau 8 GB. Kedua opsi RAM ini sama-sama memiliki fitur RAM Plus hingga 6 GB dengan penyimpanan internal 128 GB. Kapasitas memori bisa diperluas hingga 1 TB dengan MicroSD.

Berbekal spesifikasi yang ditawarkan, sejauh menggunakan smartphone ini, kami tidak menemukan kendala. Namun, supaya lebih objektif, seperti biasa kami juga melakukan pengujian benchmark menggunakan aplikasi PC Mark dan AnTuTu Benchmark.

Hasil pengujian menggunakan PC Mark menunjukkan kalau Work 3.0 Performance score smartphone ini berhasil mencapai di atas 10.000 poin atau tepatnya di angka 11212 poin. Cukup besar di segmen yang ditujunya.

Sementara saat menggunakan AnTuTu Benchmark, Galaxy M33 5G, skornya juga nggak kalah besar. Di pengujian AnTuTu, Galaxy M33 5G bisa mencapai skor sebesar 378486. Juga besar, cukup mampu membuktikan bahwa handset ini nggak hanya kuat diajak kerja, tapi juga bisa buat main beberapa game mobile.

Pengujian lainnya adalah baterai. Kuat di performa, baterai yang cepat habis saat ini jadi terasa tidak ada gunanya. Nah, di Galaxy M33 5G, untungnya baterainya juga besar dan tahan lama. Baterai Samsung Galaxy M33 5G berkapasitas 5.000 mAh. Baterainya sudah didukung oleh fast charging 25W sehingga mampu memberikan pengisian yang cepat.

Saat dipakai harian, handphone ini kuat dipakai hampir dua hari tanpa dicas. Sementara saat diuji menggunakan aplikasi benchmark PC Mark Work 3.0 Battery Life, Galaxy M33 5G kuat bertahan nonstop selama 14 jam 28 menit. Fitur keamanan perangkatnya juga lengkap. Fingerprint scanner di area kapasitif tombol power, Face Unlock sampai keamanan standar sandi dan pola ada di perangkat smartphone ini.

Di sektor performa, smartphone ini tak mengecewakan. Cukup untuk menemani penggunaan harian secara umum dan pastinya sudah 5G.

Kamera

Smartphone ini dilengkapi dengan kamera utama 50 MP yang disandingkan dengan kamera ultrawide 5 MP, serta sepasang kamera 2 MP untuk depth dan makro. Sementara kamera depan, beresolusi 8 MP. Kamera Galaxy M33 5G disematkan fitur-fitur pendukung untuk menunjang aktivitas sektor fotografi. Fitur-fitur yang dimaksud adalah Mode Normal, Mode Kamera 50 MP, Mode Makro, Mode Panorama, dan Malam Malam.

Kemudian ada juga Mode Makanan, Potret dan Zoom hingga 10x. Berdasarkan pengujian yang kami lakukan semua fitur tersebut dapat berjalan dengan baik. Selain itu kamera mampu memberikan gambar yang jernih dan fokus sehingga foto tampak realistis.
Kamera smartphone Samsung Galaxy M33 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Gambar bagus hasil jepretan Galaxy M33 5G bisa diperoleh dengan catatan semua skenario diambil dalam keadaan atau kondisi cahaya cukup. Kalau saat kondisi cahaya minim, gambar memang tetap bagus, namun dalam beberapa skenario detailnya agak kabur, kurang tajam.

Kesimpulan

Samsung Galaxy M33 5G menyasar konsumen kelas menengah. Pasalnya smartphone ini dijual dengan harga Rp 3,9 jutaan untuk varian RAM 6/128 GB dan Rp 4,1 jutaan untuk varian RAM 8/128 GB.

Dengan harga demikian dan spesifikasi yang juga telah kami beberkan, berdasarkan pengalaman kami menjajal smartphone ini, handset ini berada di tengah-tengah alias pas. Pas pada harga, spesifikasinya juga pas. Tentunya juga menyesuaikan banderol harga. (jpg/*)

  • Bagikan