Tingkatkan Karakter Remaja, BKKBN Sulbar Gelar Workshop Tentang Kita

  • Bagikan

MAMUJU — Banyak dikalangan Remaja memiliki pengetahuan tetapi kurang memiliki karakter yang baik sehingga sebagian dari mereka terlibat dalam aksi tawuran, vandalisme dan kenakalan remaja lainnya.

Salah satu upaya yang dilakukan Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat adalah peningkatan karakter melalui program Ketahanan Remaja dengan melaksanakan Workshop Tentang Kita bagi Pengelola Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja di Hotel Grand Putra Mamuju, Rabu 16 Maret 2022

Revitalisasi Program GenRe yang dikembangkan dalam rangka penguatan peran pendidik sebaya dan konselor sebaya di PIK Remaja, salah satunya adalah Program Tentang Kita. Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Program Prioritas Nasional (Pro PN) penyiapan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui penguatan peran PIK-Remaja.

Sub Koordinator Ketahanan Keluarga, M.Syukri dalam laporannya mengatakan bahwa perlunya peningkatan peran remaja dalam menyampaikan informasi secara peer to peer approach yaitu substansi disampaikan oleh remaja kepada remaja (dari, oleh dan untuk remaja).

“Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya pada PIK Remaja merupakan Lokus Pro PN harus diberi edukasi terkait kesehatan reproduksi dan perencanaan masa depan sebagai upaya penguatan karakter remaja sesuai dengan modul Tentang Kita di PIK Remaja,” ujarnya.

Tentang Kita, membahas tentang kehidupan Aku dan Kamu sebagai seorang remaja. Diharapkan melalui pertemuan ini para peserta dapat berbagi informasi yang baik kepada rekan sebaya.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Koordinator Bidang PP dan KS, Dan Sumarno Parumbuan dalam acara pembukaan Kegiatan yang mewakili Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat.

“Workshop ini merupakan ajang bagi para remaja yang tergabung dalam PIK Remaja untuk membekali diri dengan pengetahuan dalam memberikan motivasi kepada rekan sebaya melalui berbagai materi yang akan diberikan selama tiga hari pelaksanaan kegiatan,”  ungkap Dan Sumarno.

Kehadiran Kepala Pusat Penelitian, Pengembangan KB dan KS, dr. Irma Ardiana, menambah antuasis peserta untuk mendengarkan Sharing session pemberian motivasi di sela kunjungan kerjanya di Sulawesi Barat yang didampingi langsung oleh kepala Perwakilan, Nuryamin.

Di akhir Acara, Sebanyak 40 orang peserta Pengurus PIK Remaja berkomitmen untuk berperan serta dalam mendukung Percepatan Penurunan Stunting di Sulawesi Barat melalui edukasi kepada rekan sebaya dalam menjalankan perilaku hidup sehat dan memiliki wawasan tentang permasalahan dan dampak stunting. (ian)

  • Bagikan

Exit mobile version