Pilih Ketua Baru, KONI Polman Gelar Musorkablub

  • Bagikan

POLMAN — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) akan mengelar Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) periode 2022-2026.

Musorkablub ini digelar untuk memilih Ketua Umum KONI Polman yang baru. Sebab ketua KONI Polman sebelumnya, Abubakar Kadir, wafat pada 5 Februari 2022 lalu.

Sekertaris KONI Polman Kamaluddin Yasin mengatakan, rencananya musorkablub berlangsung di aula SMPN 4 Polewali, Senin 14 Maret 2022.

“Agenda utama Musorkablub KONI Polman adalah pemilihan ketua umum. Panitia telah melayangkan undangan kepada pengurus kabupaten cabang olahraga sebagai peserta Musorkablub KONI Polman,” terang Kamaluddin yang juga sekretaris panitia Musorkablub.

Dalam penjaringan calon ketua KONI Polman ini, panitia telah membuka pendaftaran pengambilan formulir sejak Rabu 9 Maret 2022. Sementara penyerahan berkas pendaftaran bakal calon ketua umum berakhir Minggu 13 Maret 2022.

Ia menjelaskan, kreteria calon yang akan maju memiliki visi misi yang jelas dalam pengembangan keolahragaan di Kabupaten Polman. Memenuhi kreteria sebagai Ketua Umum KONI, mempunyai kemapuan manajerial, semangat pengabdian dan waktu yang cukup untuk mengelola organisasi keolahragaan ini.

Selain itu calon Ketua KONI tidak terikat dengan jabatan struktural dan jabatan publik sesuai dengan UU Nomor 3 Tahun 2005 Pasal 40. Kemudian, memiliki dukungan secara tertulis minimal 30 persen dari pengurus cabang olahraga yang masa kepengurusannya masih berlaku.

“Paling utama mampu dan sanggup mengembangkan industri olahraga, sport science dan sport intelligence dalam rangka pengembangan dan pembinaan prestasi olahraga di Kabupaten Polman,” tandas Kamaluddin. (mkb)

  • Bagikan