Dishub Mateng Dorong Pemanfaatan Transportasi Laut

  • Bagikan

MATENG – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) Sigit Dwi Hastono, mengajak warga di daerah ini untuk memanfaatkan jasa transportasi laut.

Kata dia, pemakaian jasa transportasi laut jauh lebih ekonomis ketimbang transportasi darat dan udara. Terlebih jika membawa barang, dan hasil bumi dengan jumlah besar.

Menurutnya daya tampung kapal lebih besar sedangkan biayanya sangat rendah. Olehnya Sigit mendorong warga untuk memanfaatkan potensi pelabuhan di daerah ini.

“Kita kan punya pelabuhan, sebaiknya warga tidak menyianyiakan itu. Apalagi jika ingin ke Kalimantan membawa hasil bumi, tentu jauh lebih hemat ketimbang lewat darat dan udara,” ujarnya.

Sigit juga menyebut, di wilayah Karondang Desa Babana Kecamatan Budong Budong, juga terdapat pelabuhan tradisional. Dewasa ini, sarana itu digunakan warga mengangkut hasil bumi ke Kalimantan. “Ini merupakan potensi daya angkut yang selalu kita dorong untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Ia bahkan menyumbangkan satu unit mobil pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Babana. Kendaraan tersebut dimaksudkan untuk memudahkan pendistribusian barang ke pelabuhan. “Temasuk untuk membantu kelancaran kegiatan sosial dan sebagai alat transportasi wisata didaerah itu,” bebernya.

Sigit berharap, dukungan tersebut dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta peningkatan PAD desa setempat. (kdr/ham)

  • Bagikan