Berlabuh di Pantai Sappoang, Kapal Milik WNA Jadi Perhatian Warga

  • Bagikan

POLMAN – Sebuah kapal yard milik warga negara asing (WNA) asal Prancis sejak Senin 7 Maret 2022, berlabuh di Pantai Sappoang Kelurahan Amassangan Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman. Kapal berwarna putih tersebut berlabuh sekira 100 meter dari bibir pantai. Rupanya itu asal Prancis.

Keberadaan kapal tersebut mengejutkan warga dan menjadi bahan berbincangan. Apa tujuan WNA tersebut berlabuh di Pantai Sappoang. Salah seorang warga setempat menjelaskan, kapal tersebut ditumpangi dua warga asing, satu laki-laki satu perempuan. Menurutnya diduga kedua orang asing tersebut sepasang suami istri dan kalau ke pantai menggunakan sekoci dari kapalnya.

Kepala Seksi Promosi wisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispop) Kabupaten Polman Ridwan menyampaikan, sepasang turis tersebut hanya mampir di Polman memperpanjang izin tinggalnya di Kantor Imigrasi Polewali. Keduanya berencana melanjutkan pelayaran ke Bali.

“Sebenarnya agendanya ke Bali, dia hanya singgah di Polewali sambil jalan-jalan mau lihat Saeyyang Pattuqduq. Termasuk mau lihat alam di Polewali Mandar dan mengunjungi spot wisata lainnya,” terang Ridwan.

Ia juga menyampaikan, jika pasangan WNA tersebut sudah tiga hari berada di Polman. Keduanya berlayar dari Toli-Toli, Sulteng, sejak Senin lalu.

Sementara Pjs Gakum Satuan Polairud Polres Polman Aipda John D Managadi menyampaikan, pihaknya menindaklanjuti laporan masyarakat terkait adanya kapal berbendera Indonesia yang dikemudikan warga negara asing berlabuh di Pantai Sappoang.

“Kami cek ke kapal ternyata pemiliknya sedang tidak di tempat. Kami pun berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Polewali. Disampaikan dua WNA ini sedang mengurus perpanjangan paspor dan izin tinggal,” jelas Aipda Jhon.

Lanjutnya, dua WNA ini diketahui sepasang suami istri dan visanya adalah kunjungan wisata dan saat ini sedang berwisata di Polman. (arf/mkb)

  • Bagikan