Pengurus Komite SDN 066 Pekkabata Dilantik, Wujudkan Sekolah Merdeka Belajar

  • Bagikan

POLMAN — Pengurus Komite SDN 066 Pekkabata periode 2022-2025 resmi dilantik, Selasa 8 Maret. Pengurus Komite SDN 066 Pekkabata berjumlah 15 orang ini diketuai mantan Kepala Balitbangren Polman, Darwin Badaruddin.

Kepengurusan Komite SDN 066 Pekkabata ini berkomitmen mendukung sekolah dalam mewujudkan program merdeka belajar. Program ini menjadi salah satu tujuan utama dalam sekolah penggerak. Apalagi SDN 066 Pekkabata merupakan pilot projek atau percontohan penerapan sekolah merdeka belajar di Kabupaten Polewali Mandar.

Hal ini diungkapkan Ketua Komite SDN 066 Pekkabata, Darwin Badaruddin saat menyampaikan sambutan usai pelantikan. Menurutnya amanah sebagai komite merupakan medan pengabdian dalam meningkatkan pendidikan di sekolah tersebut.

“Komite akan berupaya membantu sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan mengatasi berbagai problem di sekolah. Termasuk menjadi jembatan interaksi antara orang tua murid dengan pihak sekolah. Sehingga dapat meminimalisir persoalan yang terjadi di sekolah,” terang Darwin Badaruddin.

Menurutnya, fungsi utama komite membantu sekolah dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan. Keberadaan komite tidak hanya mitra sekolah dalam partisipasi pendidikan. Tapi komite sekolah ini memberikan masukan terkait dalam proses pembelajaran di sekolah dan masalah lainnya.

Kepala SDN 066 Pekkabata, Erniwati mengaku bersyukur dengan terbentuknya kepengurusan komite sekolah. Karena pengurus komite sebelumnya sejak tahun 2020 sudah demisioner dan baru bisa dilakukan pemilihan pekan lalu.

Ia mengungkapkan SDN 066 Pekkabata ini merupakan salah satu sekolah favorit di Kabupaten Polman yang telah menorehkan sejumlah prestasi tingkat provinsi hingga nasional. Sehingga Ia berharap peran komite dalam sesuai dengan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 berfungsi dalam mendukung peningkatan mutu pelayanan pendidikan.

“Kami berharap dengan dilantiknya pengurus komite sekolah, hubungan harmonis antar sekolah dan orang tua murid yang diwadahi dalam organisasi komite sekolah terjalin dengan baik. Karena peran serta orang tua dan masyarakat dalam memajukan program pendidikan di sekolah sangat dibutuhkan,” tandas Erniwati.

Korwil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Polman Darsan Darwis mengapresiasi terbentuknya pengurus komite sekolah di SDN 066 Pekkabata. Karena peran komite memberikan pertimbangan dan pemberi semangat kepada sekolah. Kata dia peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan perlu mendapat dukungan dari seluruh komponen pendidikan. (mkb)

  • Bagikan