Dukung Keberlanjutan Pengerjaan Ruas Tabone-Nosu-Pana

  • Bagikan

MAMASA – Ruas Jalan Tabone-Nosu-Pana di Kabupaten Mamasa merupakan salah satu akses yang menghubungkan daerah ini dengan Kabuaten Tana Toraja, Sulsel.

Diketahui panjang akses dari poros Polman-Mamasa menuju Nosu sekira 27 Kilometer (Km). Sementara dari Nosu tembus ke batas Tana Toraja mencapai 100 Km. Pemda sudah mengintervensi perbaikan jalan lebih dari 10 Km.

Tahun 2020 lalu, dilakukan pekerjaan jalan sepanjanh 7 Km. Tahun 2021 kembali diintervensi melalui Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Tahap I sebesar Rp 14 miliar, berlanjut tahap II pada 2022 dengan pekerjaan tambahan sekira 3 Km lebih dengan pagu Rp 11,5 miliar.

Ruas tersebut bakal mendongkrak perekonomian daerah atas hasil bumi di dua kecamatan, yakni Nosu dan Pana, termasuk menjadi akses strategis bagi hasil pertanian dari Tana Toraja. Atas dasar itu, Staf Ahli Kepresidenan RI Joko Purwanto mengapresiasi pemprov Sulbar yang terus melakukan pengembangan infrastruktur jalan di Sulbar.

“Itu tepat sekali yang dibangu oleh pak gubernur, ini juga menjadi catatan bagi kami. Ini akan kami sampaikan ke pemerintah pusat agar memberikan dorongan agar jalan tersebut bisa selesai,” ujar Joko turut hadir dalam peninjauan pekerjaan Ruas Jalan Tabone-Nosu bersama Gubernur Sulbar, Jumat 4 Maret 2022. (imr/ham)

  • Bagikan

Exit mobile version