Calon Jamaah Haji Sulbar Tunggu Jadwal Pemberangkatan

  • Bagikan

MAMUJU – Penyelenggaraan haji 2022 belum mendapat kejelasan dari Kementerian Agama (Kemenag) RI. Meski demikian, rangkaian tahapan persiapan pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) tetap berjalan.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Sulbar Ahmad Barambangi mengatakan, untuk saat ini pihaknya masih mempersiapkan skema keberangkatan kuota full untuk CJH 2022, yakni sebanyak 1.142 CJH.

“Karena belum ada penyampaian dari pusat terkait skema kuota, kami tetap mengacu ke kuota normal,” kata Ahmad saat dikonfirmasi, Kamis 3 Maret 2022.

Ahmad menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan kunjungan ke setiap kabupaten untuk membangun koordinasi terkait pelaksanaan manasik haji. Meskipun belum ada kejelasan jadwal pemberangkatan, persiapan keberangkatan CJH tetap harus berjalan agar saat pengumuman keberangkatan haji nantinya para CJH sudah siap.

“Kalau proses tentunya tetap berjalan sebagaimana mestinya, karena kami optimistis tahun ini jamaah bisa melaksanakan ibadah haji,” ungkap Ahmad.

Ia juga menyampaikan, kemungkinan pemerintah akan mengumumkan pemberangkatan haji 2022 sebelum memasuki bulan Ramadan atau setelah hari raya Idul Fitri.

“Kami akan lihat dulu, apakah ada perkembangan informasi di bulan ini. Kalau tidak ada, kemungkinan informasinya dirilis setelah lebaran,” pungkas Ahmad. (rez/ham)

  • Bagikan

Exit mobile version