Pemkab Pasangkayu Minta PT. AAL Tingaktkan Sumbangsih untuk Daerah

  • Bagikan

PASANGKAYU – Pemkab Pasangkayu meminta agar anak perusahaan PT. Astra Agro Lestari (AAL) yang membuka usaha perkebunan sawit di kabupaten paling utara Sulbar in meningkatkan sumbangsihnya pada daerah ini.

Wakil Bupati (Wabup) Pasangkayu Herny Agus saat rapat evaluasi pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR), Rabu 23 Februari 2022, memberi contoh terkait subangan paket sembako perusahaan PT.AAL di masa pandemi Covid-19 yang hanya berjumlah 50 paket per anak perusahaan.

“Itu sangat sedikit dibanding perusahaan lain di luar PT. AAL yang bisa mencapai 250 paket. Ini harus ada upaya dari kita (pemerintah.red). Apakah regulasinya di pertajam, sehingga mereka tidak seenaknya” tegas wabup.

Pun Wabup Herny menyorti tingginya angka stunting di wilayah perusahaan perkebunan beroperasi. Padahal, kata dia, semestinya kehadiran sebuah perusahaan di daerah mesti mampu menyejahterakan masyarakat di sekitarnya.

“Seperti di Kecamatan Tikke itukan angka stunting disana cukup tinggi. Disana ada PT. Letawa (anak perusahaan PT. AAL, red), padahal setahu saya perusahaan itu ada Posyandu binaannya,” ungkapnya.

Wabup Herny berharharap semua perusahaan besar yang beroperasi di Pasangkayu memiliki tanggung jawab bersama membangun dan memajukan daerah.

“Jalan-jalan umum yang dilalui mobil-mobil pengangkut buah perusahaan, itu mereka harus ikut bertanggung jawab memeliharanya. Jalan negara jangan dibiarka rusak begitu saja,” tambah wabup.

Dikesempatan yang sama Sekkab Pasangkayu Firman mengusulkan adanya integrasi pendanaan dari pihak swasta dengan perencanaan pembangunan daerah. Sehingga nantinya program preoritas daerah sebagian mendapat sokongan dana dari CSR perusahaan.

“Termasuk dalam penanganan stunting yang menjadi fokus Pemkab Pasangkayu. Nantinya diharap bisa mendapat sokongan dana dari CSR perusahaan. Kemudian SK bupati terkait tim evaluasi CSR mungkin perlu di revisi. Saya usul kita masukan unsur NGO yang memang konsen pada isu-isu pembangunan daerah,” sebutnya. (has/ham)

  • Bagikan