Samsat Polewali Target PAD Rp 40 Miliar

  • Bagikan

POLMAN – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) menarget Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak kendaraan bermotor dan mobil tahun 2022 sebesar Rp 40 miliar. Target ini meningkat dibanding tahun 2021 yang hanya Rp 39 miliar.

Kepala UPTD Samsat Polman Andika Saputra mengatakan, target dari pajak kendaraan bermotor tahun 2022 sebesar Rp 40 miliar lebih. Hingga pertengahan Februari 2022 sudah terealiasai 9 persen. Pada tahun 2021 lalu target PAD Rp 39 miliar dan realiasasi mencapai Rp 41 miliar lebih atau 102 persen.

“Salah satu upaya kami untuk mencapai target kedepan yakni dengan pendekatan kepada masayarakat melalui Program Massapeda dengan menyasar masyarakat pedesaan,” jelas Andika.

Menurutnya, sudah ada dua desa yang disasar melalui Program Massapeda yakni Desa Nepo Kecamatan Wonomulyo dan Desa Batetangnga Kecamatan Binuang. Ia mengatakan, dengan adanya program ini ketataan masyarakat dalam membayar pajak mengalami peningkatan khususnya pada pajak kendaraan bermotor.

“Melalui Program Massapeda ini masyarakat dapat membayar pajaknya secara langsung, kecuali yang kendaraannya mati plat harus ke kantor Samsat Polman,” jelas Andika.

Tim yang terlibat dalam program massapeda ada 15.000 dibantu anggota dari Regident. Saat ini kata dia jadwal program massapeda satu kali dalam satu bulan. Tetapi diupayakan minimal dua kali dalam satu bulan dengan menyasar kecamatan yang realisasi penerimaan pajaknya masih rendah. (arf/mkb)

  • Bagikan

Exit mobile version