Rintangan Berat Tak Surutkan Niat Petugas BRI Salurkan Bansos di Merauke

  • Bagikan

JAKARTA–Berbagai suka duka telah dihadapi Nikolas Alexander Sirken (30) saat menyalurkan bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial di wilayah paling ujung di Timur Indonesia. Pria yang pernah hampir dilaporkan hilang saat bertugas ini, selalu bangga dengan profesinya karena dapat membantu sesama.

Nikolas, seorang Insan BRILian atau pekerja PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang bertugas di BRI Kanca Merauke, Papua bercerita, banyak tantangan yang dijalankan dengan ketulusan sebagai petugas penyalur Bansos seperti dirinya. Di wilayah Nikolas bertugas, banyak daerah yang masih belum terjangkau dengan jaringan internet untuk mendukung komunikasi dan transaksi keuangan. Lantas untuk mensiasatinya, penyaluran Bansos pun dilakukan secara manual.

“Kami ke kantor desa, memeriksa data nama-nama penerima Bansos. Kami panggil, semua langsung tanda tangan di situ untuk ambil uangnya,” tutur Nikolas.

Tak hanya itu, Nikolas juga mengatakan bahwa letak geografis menjadi tantangan tersendiri. Seringkali ia harus menggunakan speed boat untuk melintasi medan berat melewati sungai atau laut. Untuk mengantarkan Bansos, Nikolas pun harus berangkat sejak pagi dari kediamannya menuju dermaga.

Dari sana kemudian perjalanan dilanjutkan menggunakankan speed boat ke kampung pertama untuk menyalurkan Bansos. Untuk satu kampung, waktu yang dibutuhkan bisa seharian penuh karena Nikolas harus menunggu bantuan kebutuhan pokok yang tiba belakangan.

“Jadi, misal kita sudah bagikan uang, di situ pembagian bisa satu hari karena sambil menunggu sembako. Untuk bawa sembako ke tempat itu harus pake Belang, semacam speed boat lebih besar untuk mengangkut barang-barang. Hanya saja transportasi itu nggak bisa melaju cepat,” ungkapnya.

Bahkan, ada satu daerah yaitu di Kimam yang hanya bisa ditempuh dengan transportasi udara. Untuk menuju tempat itu, ia harus memastikan jadwal penerbangan yang hanya ada seminggu dua kali.

Dengan medan berat dan jarak yang jauh, lanjutnya, penyaluran Bansos bisa memakan waktu berhari-hari bahkan sampai satu minggu. Nikolas bahkan pernah dikira hilang saat bertugas oleh kantor BRI tempatnya bekerja.

Pihak BRI Kanca Merauke hampir melakukan pencarian. Namun, malam sebelum hari pencarian dilakukan, ia berhasil sampai dan kembali ke kantornya. Medan yang berat membuat Nikolas bekerja di lapangan lebih lama, ditambah tidak adanya internet sehingga membuatnya kesulitan memberi kabar kepada kantor.

“Dari awal perkiraan kami, penyalurannya bisa selesai dalam tiga hari, ternyata lebih dari itu. Makanya dari kantor mengira terjadi apa-apa. Mereka hampir mau mencari saya,” kenangnya sambil tertawa.

  • Bagikan