Gempa 6,7 Magnitudo di Banten Merupakan Jenis Dangkal

  • Bagikan

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa 6,7 magnitudo di Kabupaten Pandeglang, Banten, merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,21 LS, 105,05 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 Km arah barat daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 Km.

“Hari Jumat 14 Januari 2022 pukul 16.05.41 WIB wilayah Selatan Banten diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 6,6,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangannya, Jumat 14 Januari 2022.

Bambang menjelaskan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Cikeusik dan Panimbang, VI MMI; Labuan dan Sumur, IV MMI; Tangerang Selatan, Lembang, Kota Bogor, Pelabuhan Ratu, Kalianda, bandar Lampung, III – IV MMI; Anyer III MMI; Jakarta, Kota Tangerang, Ciracas, Bekasi, Kota Bandung, Kab.Bogor, Kotabumi, II – III MMI. “Getaran dirasakan oleh semua penduduk, kebanyakan semua terkejut dan lari keluar,” ucap Bambang.

Bambang menyebut, hingga pukul 16.40 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya dua aktivitas gempabumi susulan atau aftershock, dengan magnitudo 3,7 dan 3,5. Meski demikian, mengharapkan kepada masyarakat di lokasi terdampak tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” pungkas Bambang. (jpg)

  • Bagikan