Berbekal Inovasi Bisnis, 3 Mahasiswa & Pengusaha Burgerchill Ini Dapat Beasiswa BRI Peduli-Creation 2021

  • Bagikan

 Beasiswa BRI Peduli – Creation
Pada Juli 2021, BRI mengatakan program “BRI Peduli – Creation (Creative In Action) Scholarship” yang memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang memiliki inovasi, ide, terobosan baru yang kreatif dan unggul dengan apresiasi uang perjalanan inovasi, ide, terobosan baru yang kreatif dan beasiswa untuk kuliah.

Saat itu, Dzaky, Naufal dan Ahlam memutuskan untuk mengikuti program tersebut. Hampir dua bulan lamanya Burgerchill berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dalam program BRI Peduli – Creation ini. Saat mengikuti program ini mereka sempat tidak percaya diri. Ahlam menyebut karena mereka baru pertama kali mengikuti program beasiswa seperti ini.

Dalam program tersebut, dibagi dalam tiga tahapan seleksi. Dari ratusan tim yang ikut serta, hanya diambil 150 tim dalam seleksi proposal. Dari jumlah tersebut dipilih kembali menjadi 50 tim dan selanjutnya 10 tim yang menjadi pemenang termasuk Burgerchill.

Kesepuluh tim pemenang dari seleksi akhir, terbagi dari 4 tim pemenang kategori Technology Creation, 3 tim kategori Entrepreneur Creation, dan 3 tim pemenang kategori Social Creation. Adapun Burgerchill menempati peringkat pertama dalam kategori Entrepreneur Creation.

Inovasi mereka dalam mengembangkan Burgerchill sebagai UMKM yang sedang tumbuh bisa dibilang cukup menyita perhatian. Selain keunikan produk yang berbeda dengan kompetitor, pihaknya juga membuat inovasi burger sehat dan ramah lingkungan. Inovasi mereka dalam menjalankan usahanya juga berdampak positif dalam meningkatkan ekonomi rumah tangga masyarakat sekitar.

“Kami berhasil karena dari segi inovasi yang ditawarkan. Kami pun berupaya memberdayakan lingkungan sekitar dengan mengedepankan prinsip SDG’s,” ujar Ahlam.

“Kami pun punya data. Data arsip digital dari kami juga. Itu yang buat kita percaya diri. Usaha-usaha temen yang lain baru pada mulai. Kita sudah 1,5 tahun,” kata Dzaky menanggapi.

Selain itu, ada faktor lain yang membuat ketiganya kian semangat memenangkan kompetisi. Mereka melihat kehadiran Burgerchill menjadi harapan bagi keenam karyawannya. Burgerchill bisa membuka lapangan pekerjaan baru meski ekonomi terhambat pandemi.

Bahkan mereka bermimpi kelak bisa membantu ratusan hingga 1.000 karyawan untuk bekerja di industri makanan dan minuman yang baru mereka rintis tersebut. Selain itu, Ahlam yang merupakan mahasiswa semester kelima di jurusan Kimia fakultas MIPA, Unpad, mengatakan Burgerchill ditargetkan menjadi bisnis makanan segar nomor wahid di Tanah Air.

  • Bagikan