Luapan Sungai Karama Rendam Empat Kecamatan – Radar Sulbar
Ragam

Luapan Sungai Karama Rendam Empat Kecamatan

LUAPAN sungai menggenangi perkebunan dan pemukiman di Kalumpang, Mamuju. (dok. pribadi for radar sulbar)

RADARSULBAR.CO.ID — Sungai Karama yang membelah wilayah Kabupaten Mamuju dengan Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat, akhir pekan kemarin, meluap. Dampaknya, dirasakan warga di hulu sungai, yakni Kecamatan Kalumpang.

Informasi mengenai banjir diperoleh dari penyelenggara Pemilu setempat pada Minggu malam, 28 April. Malam itu juga dikabarkan beberapan kawasan pemukiman di Ibukota Kecamatan Kalumpang yang terendam, tak terkecuali Kantor Panwascam Kalumpang. Tidak itu saja, jembatan gantung yang menghubungkan Kalumpang dengan Karama Seko, terputus.

Ketinggian luapan air sungai di wilayah paling timur Kabupaten Mamuju ini cukup tinggi. Hanya perahu yang bisa digunakan warga untuk melakukan evakuasi dan menyelamatkan harta bendanya. Sayangnya, informasi mengenai dampak banjir di Kalumpang sulit diperoleh akibat sulitnya akses komunikasi.

Tak kalah parah beberapa kawasan yang di bantaran hingga hilir Sungai Karama, seperti Desa Kalonding, Losso, Sampaga, Tanam Buah, dan Tarailu, Kecamatan Sampaga. Kemudian Desa Kalepu, Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju, serta kawasan hunian dan perkebunan di Kecamatan Pangale, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng). Sebagian besar terendam banjir dengan ketinggian rata-rata satu meter.

SEKRETARIAT Panwascam Kalumpang, Mamuju turut terendam. (dok pribadi for RDR)

Selain merendam hunian, areal perkebunan hingga sejumlah kendaraan tak bisa diselamatkan. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa dan kerugian yang dialami warga.

Komandan Pusat Pengendali Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulbar Swandy melaporkan, setelah mendapat kabar mengenai banjir, pihaknya langsung bergerak. Hingga Senin sore, ratusan rumah sudah terendam banjir.

“Kami terkendala akses ke Sampaga, karena debit air tinggi. Akses satu-satunya hanya melalui Desa Tanam Buah, sisanya tidak bisa dilewati,” ungkap Swandy via WatsApp, sore kemarin. (ham)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top