Desain Pengembangan Pulau Karampuang Sudah Matang – Radar Sulbar
Mamuju

Desain Pengembangan Pulau Karampuang Sudah Matang

Kadisparbud Mamuju, Usdi

RADARSULBAR.CO.ID — Pemkab Mamuju, Sulawesi Barat menyambut positif agenda pemerintah provinsi dan instansi vertikal dalam mengembangkan Pulau Karampuang jadi destinasi wisata bahari andalan di provinsi ke-33.

Pemkab Mamuju bergerak cepat, melakukan sejumlah kegiatan pendukung. Salah satunya mematangkan desain pengembangan pulau.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Mamuju, Usdi memaparkan tawaran desain pemkab telah diteruskan pihak pemprov kepada pihak-pihak yang dianggap potensial mendukung pengembangan Karampuang. Termasuk pada pemilik modal dari berbagai negara. “Sudah ditawarkan ke Korea, Jepang, bahkan Amerika berminat,” beber Usdi di kantornya.

Usdi merinci, Karampuang Smiling Island nantinya akan menghadirkan kawasan bermain anak, villa, kawasan kuliner, kolam renanh dan penopang kepariwisataan lain. Tahap awal, Pemkab Mamuju memprioritaskan membangun infrastruktur pendukung. Seperti, jalan lingkar Jalan lingkar.

Jalan lingkar untuk menghubungkan satu spot wisata dengan spot lain dengan harapan memudahkan mengakses pengunjung. Selain itu, membenahi dan membangun dermaga, membangun toilet memadai, tempat sampah, juga akses meningkatkan kualitas akses transportasi. “Estimasi anggarannya sekira Rp128 miliar,” sambung Usdi yang menyebut juga akan melakukan pelatihan SDM bagi warga setempat.

Bupati Mamuju, Habsi Wahid mengatakan, rancangan pembangunan destinasi wisata bahari Karampuang telah dipresentasikan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulbar.

Bupati berharap pengembangan kawasan wisata bahari Pulau Karampuang bisa berdampak positif terhadap kehidupan masyarakat setempat. “Wisata dan pembangkit ekonomi masyarakatnya,” tegas Habsi. (m2/**)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top