Mamuju Tunggu Juknis Kenaikan Gaji – Radar Sulbar
Radar Metro

Mamuju Tunggu Juknis Kenaikan Gaji

STAF BPKAD Mamuju, Sulbar sibuk menuntaskan tugas masing-masing bekerja, Rabu 20 Maret 2019. (adhe/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Pemerintah Mamuju, Sulawesi Barat, sudah menyiapkan anggaran menangulangi kenaikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) sebesar lima persen yang rencananya diterapkan tahun ini.

Bupati Mamuju, Habsi Wahid mengatakan, sudah mengantisipasi ketersediaan anggaran saat penetapan APBD 2019. “Sepanjang soal gaji, tidak ada masalah, anggarannya siap untuk kenaikan lima persen itu,” kata Habsi di ruang kerjanya.

Terkait waktu penyaluran kenaikan gaji ASN, Habsi mengaku, belum mengetahui. “Belum ada petunjuk teknisnya kapan akan dirapel,” jelas Habsi.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mamuju, Budianto Muin mengaku, sudah mempersiapkan anggarannya termasuk gaji ke 13 dan 14. “Kemungkinan dirapel, karena PP (Peraturan Pemerintah, red) keluar bulan ini (Maret, red). Biasanya segera sudah bisa disalurkan,” jelasnya.

Kepala Perbendaharaan BPKAD, Ahmad menambahkan, PP soal kenaikan gaji lima persen tidak serta merta bisa langsung direalisasikan. “Banyak prosesnya. Kerangka penggajian juga perlu disusun kembali dan sistem aplikasi dari Taspen juga harus diubah,” ujar Ahmad.

Sementara, untuk pemberian gaji 13 dan 14, lanjut Ahmad, tetap menunggu PP. Menurutnya, nanti jika sudah ada PP baru bisa ditindaklanjuti. “Kalau sudah ada PP dari pusat, kemudian ditindaklanjuti oleh Perbup (Peraturan Bupati, red) lagi,” jelas Ahmad.

Jika menengok tahun lalu, Ahmad mengaku, pembayaran gaji 13 dan 14 itu dilakukan Juni dan Juli. “Kemungkinan gaji 14 pada Mei, karena bertepatan dengan bulan puasa dan gaji 13 biasanya tetal di Juli,” tandasnya. (m2/**)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top