DJPBN Sulbar Kawal Efektifitas dan Efisiensi Dana Desa – Radar Sulbar
Ragam

DJPBN Sulbar Kawal Efektifitas dan Efisiensi Dana Desa

Plt Kakanwil DJPBN Sulbar, Endah Martiningrum saat berkunjung ke Kantor Harian Radar Sulbar di Mamuju, Rabu 20 Maret 2019. (imran/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Ditjen Perbendaharaan Negara (DJPBN) Sulawesi Barat, mendorong agar aparatur desa mengelola dana desa sesuai kebutuhan wilayah yang bersangkutan. Bukan semata-mata menghabiskan dana.

“Kita ingin desa ini bukan sekadar menerima uang kemudian digunakan tetapi tidak ada kreatifitas membangun desa itu lebih maju,” papar Plt Kakanwil DJPBN Sulbar, Endah Martiningrum di ruang Redaksi Radar Sulbar di Gedung Graha Pena Mamuju, Rabu.

Menurut Endah, ketidaktepatan penggunaan dana desa disebabkan kurangnya kreatifitas aparat desa melahirkan program-program pembangunan. Dia mencontohkan, ketika desa memrogramkan pembangunan jembatan melalui dana desa, tahun berikutnya malah masih berkutat pada kegiatan serupa. “Kesannya pemborosan,” ujar Endah.

Mestinya, kata dia, ketika tahun ini menganggarkan infrastruktur, kedepannya sudah bisa mengalokasikan untuk pembenahan SDM dan sektor lainnya. “Bukan sekadar membuat program hanya untuk menyerap seratus persen anggaran namun program-programmnya monoton,” tambah Endah di hadapan Direktur Radar Sulbar, Mustafa Kufung.

Hal inilah yang akan menjadi evaluasi dan monitoring DJPBN Sulbar terhadap seluruh desa di Sulbar. Harapannya desa bisa berkembang dan lebih maju melalui program-program yang efektif dan efisien.

Diketahui Dana desa tahun ini mengalami peningkatan, dari pagu Rp471,8 miliar tahun 2018, menjadi Rp560 miliar tahun ini. Diperuntukkan bagi 575 desa. Ditambah Rp27,02 miliar untuk 72 kelurahan di Mamuju, Polman, Mamasa, Pasangkayu, dan Majene.

Mustafa Kufung mengapresiasi agenda DPJBN dalam membantu realisasi dana desa agar sesuai peruntukannya. Sejalan dengan rencana Radar Sulbar dalam mendorong perkembangan wilayah perdesaan melalui program Desa Award. (imr/rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top