Serapan Dana LPDP di Sulbar Masih Minim – Radar Sulbar
Ragam

Serapan Dana LPDP di Sulbar Masih Minim

GUBERNUR Sulbar Ali Baal Masdar didampingi Dirut LPDP-KUMKM Braman Setyo melakukan pemukulan gong pembukaan Sosialisasi Dana Bergulir LPDD-KUMKM, di Mamuju, belum lama ini. (imran/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Pelaku usaha di Sulawesi Barat belum maksimal menyerap pinjaman dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDP-KUMKM).

Padahal, menurut Direktur Utama LPDP-KUMKM Braman Setyo, Sulbar punya potensi besar, khususnya dalam bidang pertanian. “Rp12,1 miliar. Ini mejadi keperihatinan,” ujar Braman pada sebuah kegiatan terkait dana bergulir di Mamuju, awal pekan ini.

LPDP adalah pinjaman kepada Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Lembaga Pembiayan berbadan hukum. Untuk mendapatkan dana tersebut maka pelaku usaha mengajukan proposal.

Syaratnya, Usaha yang akan dibiayai layak secara bisnis. Memiliki badan usaha. Bagi usaha perorangan harus mempunyai legalitas usaha. Memiliki laporan keuangan dua tahun terkahir. Punya kantor dan statusnya jelas.

Hanya 14 mitra di Sulbar mampu menyerap dana itu. Kendala utamanya, Sumber Daya Manusia (SDM) yang belum memadai mengelola. Termasuk permodalan dan pemasaran. “Inilah disini kehadiran LPDP membantu masalah tersebut. Kita ingin menjemput bola terhadap semua pelaku UMKM di seluruh Indonesia, melalui sosialisasi dan bimtek agar pelaku usaha di SUlbar lebih maju,” jelas Braman. Dia mendorong semua pelaku usaha i Sulbar, bersinergi bersama pemerintah daerah.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar mengakui masih lemahnya pelaku usaha dalam mengelola dana bergulir. “Diberikan kredit, akhirnya macet,” ujarnya.

Melalui sosialisasi LPDP KUMKM, diharap dapat membantu pelaku usaha di Sulbar membenahi usaha dan SDM agar mampu mengelola keuangan dan mengembangkan usahanya. “Kita pemerintah tentu siap memfasilitas, seperti pemasaran. Setelah itu, pelaku usaha ini dapat berbuat. Silahkan berusaha dengan baik,” jelas gubernur. (imr/**)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top