Kotamadya Mamuju Berpeluang di 2020 – Radar Sulbar
Radar Metro

Kotamadya Mamuju Berpeluang di 2020

Wahab Hasan Sulur

RADARSULBAR.CO.ID — Lama tanpa kabar, isu Kotamadya Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat, kembali mewacana. Kabarnya akan terealisasi 2020 mendatang. Begitu penyampaian Kepala Biro Tata Pemerintahan Sulbar, Abd. Wahab Hasan Sulur, setelah pihaknya bertemu dengan pemerintah pusat, belum lama ini.

“Surat pembentukan kota itu sudah ada, hanya terbentur oleh moratorium. Tetapi kita dijanji di 2020,” tegasnya. Kehadiran sebuah Kota Mamuju tak bisa ditawar-tawar lagi, sebab setiap provinsi diharuskan memiliki kota otonom. Karenanya, Pemprov pun akan mengupayakan tak lewat dari tahun tersebut.

Meski begitu, kata dia, apabila pada 2020 ditetapkan pemekaran, bukan berarti Kota Mamuju sudah menjadi Daerah Otonomi Baru, sebab berdasarkan UU 22 tahun 1999, pembentukan DOB berdasarkan tahapan.

Sistemnya, pada tiga tahun pertama sebagai tahapan evaluasi dengan status kota perwakilan. “Setelah mampu berkembang, barulah bisa ditingkatkan statusnya sebagai daerah otonomi baru,” ujar Wahab.

Bupati Mamuju, Habsi Wahid mengatakan pemekaran Kota Mamuju memang sudah sangat mendesak. Sebab dengan terbatasnya APBD Mamuju, tentu terkendala dalam melakukan pembangunan menuju kota baru.

“Anggaran APBD belum begitu besar. Sementara masih banyak pembangunan yang harus dikerjakan,” jelas Habsi. (imr/rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top