Cegah Korupsi Lingkup Pemda, KPK Fokus Delapan Sektor – Radar Sulbar
Ragam

Cegah Korupsi Lingkup Pemda, KPK Fokus Delapan Sektor

KORWIL VIII KPK, Adlinsyah Malik Nasution dalam pertemuan bersama jurnalis, LSM dan Mahasiswa di Kantor Gubernur Sulbar, Selasa. (imran/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Koordinator Wilayah VIII Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Adlinsyah Malik Nasution menyebut, di daerah pihaknya fokus pada; perencanaan APBD, pengadaan barang dan jasa, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), manajemen ASN, optimalisasi pendapatan daerah;

Kemudian, dana desa, pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD), dan manajemen Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). “Sejak April kita sudah lakukan rakor. Ada delapan sektor fokus kita kedepan,” ujar Adliansyah di hadapan jurnalis, LSM dan Mahasiswa di Kantor Gubernur Sulbar, Selasa 19 Maret.

Dari delapan sektor tersebut, Adliansyah mengurai diantaranya soal Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (LPBJ) yang harus independen. Tidak boleh lagi melekat pada sebuah dinas.

Sehingga LPBJ bekerja nyaman, tanpa intervensi. “Betul-betul clear and clean. Bukan karena ada orang dekat dan tim sukses,” tegas Adliansyah.

Adliansyah juga menyinggung persoalan jual beli jabatan. Sudah ada beberapa kasus terkait ‘upeti’ untuk sebuah jabatan. Selain itu, penyalahgunaan wewenang juga rentan pada pelayanan perizinan. Dilakukan demi mempercepat keluarnya permohonan tersebut.

Inspektur Inspektorat Sulbar, Suryadi berharap adanya intervensi pada delapan sektor, dapat memastikan APBD Sulbar lebih efektif dan efisien. Utamanya menyangkut APIP, menurut Suryadi, ini masih perlu diperkuat demi mendorong akuntabilitas daerah, sehingga dapat turut mengerek Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“PAD kita hanya kisaran Rp300 miliar per tahun. Kita harap ini meningkat setelah dilakukan intervensi. Semoga bisa mengoptimalkan penerimaan kita di Sulbar,” sebut Suryadi. (imr/rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top