Pentingnya Jalur Evakuasi – Radar Sulbar
Mamuju

Pentingnya Jalur Evakuasi

MURID SD Inpres Rimuku, Mamuju, mengikuti mitigasi bencana, Jumat 15 Maret. (ist)

RADARSULBAR.CO.ID — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju, Sulawesi Barat gelar mitigasi bencana di SD Inpres Rimuku, kemarin. Bagian edukasi demi meminimalisir dampak bencana.

Didampingi guru, murid mengikuti arahan para petugas BPBD Mamuju, tentang apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi gempa. Seperti melindungi kepala, berlindung di bawah meja, menjauhi kaca, dan mencari titik kumpul.

“Pada kesempatan itu, kami lakukan simulasi gempa, kami kasih tahu, apa yang mereka harus lakukan ketika terjadi gempa,” jelas Kepala BPBD Mamuju, Muhammad Ali Rachman, kepada Radar Sulbar, Jumat.

Ali menambahkan, dalam situasi darurat tersebut, sekolah perlu membuat titik dan jalur evakuasi. Sehingga, jika terjadi bencana, murid tahu ke mana mereka akan lari. “Tidak hanya sekolah, kantor dan tempat umum juga perlu ada jalur evakuasi,” beber Ali.

Simulasi juga diikuti seluruh elemen sekolah, mulai dari guru dan staf. Kegiatan itu pun disambut positif oleh pihak sekolah. Seperti disampaikan Kepala SD Inpres Rimuku, Iqbal Salman.

“Kegiatan seperti ini, penting dilakukan. Barangkali pada kesemaptan lain, SD Inpres Rimuku dan BPBD Mamuju, bisa kembali bekerja sama,” pungkas Iqbal. (m2/**)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top