Dubes Siap Fasilitasi Produk Polman ke Luar Negeri – Radar Sulbar
Polman

Dubes Siap Fasilitasi Produk Polman ke Luar Negeri

DUBES Indonesia untuk Kerajaan Bahrain, Nur Syahrir Raharjo didampingi Yuyun Yundini dan Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar mencicipi makanan tradisional Mandar di Rujab Bupati Polman. (amri/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Sejumlah produk hasil bumi dan makanan tradisional Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat berpeluang tembus pasar Bahrain.

Kopi dan olahan kakao serta makanan tradisional seperti Kasippi dan Golla Kambu sangat diminati konsumen Bahrain. Ini terbukti saat delegasi Pemkab Polman mengikuti pameran Chocolate and Coffee Exhibition Bahrain Expo International awal Desember 2018 lalu.

“Jika produk Polman bisa dikemas dengan baik dan kualitasnya dijaga saya yakin dapat menembus pasar Bahrain. Saat Chocolate and Coffee Exhibition Bahrain Expo International, produk Polman menjadi pusat perhatian warga Bahrain. Tinggal bagaimana Pemkab Polman dapat memfasilitasi UKM untuk bermintra dengan eksportir sehingga bisa menembus pasar dunia,” terang Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Bahrain, Nur Syahrir Rahardjo di Aula Rujab Bupati Polman, belum lama ini.

Untuk lebih memperkenalkan produk olahan Polman di Bahrain, Dubes Nur Syahrir Raharjo meminta Pemkab Polman berpartisipasi dalam pameran produk makanan dan minuman yang akan digelar di negara Timur Tengah itu. “Kami akan mengundang Pemkab Polman berpartisipasi dalam kegiatan resepsi diplomatik yang akan diadakan Kedubes Indonesia di Bahrain dalam waktu dekat ini. Selain memamerkan produk olahan Polman juga dapat menampilkan kesenian tradisional seperti Pakkacapi Mandar dan tari tarian,” terangnya.

Beberapa produk yang sangat diminati masyarakat Bahrain diantaran air kelapa dan VOC, madu, beras serta anyaman rotan yang dimiliki Polman. Hanya saja kata Nur Syahrir Raharjo segi kemasan dan tulisan dalam setiap produk harus bagus agar menarik konsumen di Bahrain. Termasuk mencantumkan bahasa Inggris dan Arab. Selain itu hasil anyaman rotan yang dihasilkan UKM Polman desain dan kualitasnya perlu ditingkatkan. Produk ini diyakini sangat dimintai di Bahrain.

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar menyambut baik peluang ekspor produk Polman ke Bahrain. Ia berharap bisa dimanfaatkan pengusaha Polman khususnya UMKM untuk meningkatkan kualitas produknya agar bisa tembus pasar internasional.

“Peluang ekspor berbagai hasil bumi dan produk olahan makanan Polman ke Bahrain ini sangat bagus. Waktu kita mengikuti pameran di Bahrain, sejumlah permintaan makanan tradisional seperti kasippi dan golla kambu serta kopi dan olahan cokelat sangat diminati. Kami berhadap kerjasama dengan Bahrain ini dapat dilakukan untuk peningkatan ekspor produk Polman,” tandasnya.

Sementara Ketua HIPMI Sulbar, Jufri Mahmud juga menyambut baik peluang bisnis ke Bahrain ini. Pihaknya berharap Kedubes Indonesia di Bahrain memberi fasilitas untuk memudahkan pengusaha Polman untuk menjalin kerjasama dengan kerajaan Bahrain khususnya produk yang diminati di negara Timur Tengah tersebut. (mkb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top