Dipulangkan, Pengungsi Longsor Mamuju Masih Was-was – Radar Sulbar
Radar Metro

Dipulangkan, Pengungsi Longsor Mamuju Masih Was-was

BEBERAPA warga Lingkungan Sama yang mengungsi di Kantor Kelurahan Bebanga, Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sabtu lalu. (adhe/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Warga Lingkungan Sama Kelurahan Bebanga, Kalukku, Mamuju yang sempat mengungsi di Kantor Kelurahan, sebagian sudah kembali ke rumah masing-masing.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju, Sulawesi Barat, Muhammad Ali Rachman mengatakan ada 273 pengungsi pasca banjir bandang menerjang daerah ini. Bencana terjadi pada penghujung Februari hingga awal Maret lalu.

Puncaknya pada Kamis 7 Maret, warga Lingkungan Sama mengungsi lantaran ada bukit di wilayah pemukiman mereka longsor akibat hujan deras. Beruntung longsor tidak sampai merusak rumah warga dan menelan korban jiwa.

Menyusul kemudian, kabar adanya retakan permukaan setelah longsor. Sebagian besar warga pun khawatir, terjadi longsor lebih parah. Karena itu, mereka memilih mengungsi. Alhasil, BPBD Mamuju harus menambah masa tanggap darurat. “Masa tanggap darurat seharusnya sudah berakhir 7 Maret. Namun, karena ada pengungsi di Kantor Kelurahan Bebanga, kami tambah selama tiga hari,” papar Ali.

Kepala Lingkungan Sama, Basri berharap, pemerintah daerah tetap memperhatikan kondisi di daerahnya. Apalagi, ada salah satu sungai di Lingkungan Sama yang perlu normalisasi. “Kami berdoa saja, semoga longsor tidak terjadi betul,” harap Basri.

Seorang warga, Hadaniah mengaku sudah diberitahu bahwa seluruh pengungsi bakal dipulangkan. Dirinya masih takut. Khawatir, jika longsor benar-benar terjadi. “Kalau kami dipulangkan, mungkin kami memilih ke rumah keluarga dulu,” ujarnya. (m2/**)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top