Bencana Mamuju, BPBD: Karena Pembalakan Liar – Radar Sulbar
Mamuju

Bencana Mamuju, BPBD: Karena Pembalakan Liar

GENANGAN air dalam kota Mamuju saat hujan deras Kamis malam, lalu. (chaerul/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Beberapa kawasan di Mamuju, Sulawesi Barat sudah terdeksi rawan benca abanjir, longsor dan abrasi. Terbukti Kamis dan Jumat kemarin, saat hujan mengguyur daerah ini.

Banjir merendam sebagian besar Kota Mamuju. Bahkan meluas dibanding bencana sebelumnya. Itu karena besarnya luapan beberapa anak sungai yang melintasi kawasan perkotaan. Laporan lain, bencana longsor juga terjadi di wilayah Kelurahan Sondoang, Kecamatan Kalukku.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju, Muhammad Ali Rachman, bencana banjir dan tanah longsor, akibat kerusakan lingkungan. Ekosistem tak terjaga dengan baik.

“Pohon besar yang menyerap air menjadi berkurang. Kalau melihat kondisi paska bencana di beberapa desa, termasuk Kelurahan Bebanga, itu karena pembalakan liar,” kata Ali, di Kantor BPBD Mamuju, Jumat.

Daerah terparah akibat hujan deras Kamis lalu, tersebar di Kecamatan Kalukku, antara lain, Desa Pokkang, Kelurahan Bebanga, Sinyonyoi dan sebagian daerah di Kelurahan Beru-beru.

“Kalau dalam kota, paling parah di Lingkungan Tima. Makanya kami konsentrasi evakuasi warga di bantaran sungai Mamuju, karena ketinggian air sudah mencapai dada orang dewasa,” tambah Ali.

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top