Akses Sempat Terputus 13 Jam – Radar Sulbar
Polman

Akses Sempat Terputus 13 Jam

ALAT berat dikerahkan membersihkan material longsor yang menutup poros Polewali-Mamasa di Dusun Perattean Desa Kelapa Dua Kecamatan Anreapi, Jumat lalu. (amri/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Poros penghubung Kabupaten Polewali Mandar dengan Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, sempat tertutup longsor usai hujan deras Jumat dini hari kemarin.

Tebing gunung setinggi lima puluh meter di jalan poros, longsor. Ratusan kubik material longsoran tanah bercampur bebatuan menutup jalan tepatnya di Dusun Perattean Desa Kelapa Dua, Kecamatan Anreapi Kabupaten Polman, sekira tiga ratus meter dari perbatasan Polman-Mamasa

Timbunan longsor menutup hampir seluruh permukaan jalan ini sehingga menghambat arus lalu lintas kendaraan di jalur ini. Ada dua titik longsor menutupi badan jalan. Akibatnya, jalur ini tidak dapat dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Mengakibatkan macet satu kilo meter.

Jalan ini merupakan satu satunya jalur penghubung antar dua kabupaten Polman dengan Mamasa. Beruntung saat kejadian, tak ada kendaraan yang sedang melintas sehingga tak menimbulkan korban jiwa. Salah seorang pengendara, Roy mengatakan bahwa dirinya terjebak selama lima jam. Ia rencananya menuju Kecamatan Mambi untuk membawa bahan pokok.

Camat Anreapi, Sarifuddin Fattah mengatakan, pemerintah kecamatan dan kepolisian telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang langsung menurunkan alat berat. Siang harinya, dua alat berat berupa excavator dan loder didatangkan ke lokasi longsor. Setelah tertutup selama tiga belas jam, jalur ini pun sudah dapat dilalui kendaraan dari dua arah.

“Alhamdulillah, Jumat sore sekitar pukul 16.30 Wita kendaraan sudah bisa melintas. Tetapi pengendara harus berhati-hati karena kondisinya licin akibat bekas tanah bercampur air,” ujar Kasat Lantas Polres Polman, AKP Rusli Said. (mkb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top