100 Karyawan Hotel dan Restoran di Sulbar Ujian Kompetensi – Radar Sulbar
Radar Metro

100 Karyawan Hotel dan Restoran di Sulbar Ujian Kompetensi

KEPALA Bidang Kelembagaan dan Kemitraan Pariwisata Sulbar, Farida menyerahkan materi uji kompetensi secara simbolis kepada perwakilan peserta. (darman/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Sebanyak 100 karyawan sektor pariwisata bidang hotel dan restoran di Sulawesi Barat, Jumat (1/3), mengikuti uji kompetensi di di d’Maleo Hotel and Convention Mamuju.

Terselenggara atas kerjasama Asdep Pengembangan SDM dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Pariwisata RI dengan Lembaga Serfikiasi Profesi (LSP) Pariwisata Anging Mamiri. Para peserta berlatar belakang dari empat bidang, yakni, House Keeping, Front Office, Food and Beverage serta FP dari Hotel d’Maleo and Convention Mamuju dan Hotel Matos.

Selain mendongkrak kuaitas SDM pekerja pariwisata, juga terkait dengan sertifkasi dua hotel tersebut. Untuk merengkuhnya, adalah wajib memiliki karyawan yang sudah tersertifikasi. Demikian penjelasan Sekretaris LSP Anging Mamiri, Gita Nelwan.

“Saat ini, LSP Anging Mamiri mendapat jatah dari Kementrian Pariwisata untuk melakukan sertifikasi sebanyak 1.600 orang di seluruh Indonesia hingga akhir Juni 2019. Khusus Sulbar sebanyak 100 orang. Olehnya, setiap minggu kami harus melaksanakan sertifikasi kepada 50-100 orang agar kuota tersebut bisa tercapai,” papar Gita dalam sambutannya.

Pihaknya berharap pelaksanaan uji kompetensi di Sulbar kedepannya bisa lebih antusias dan semangat lagi, sebab sertifikasi sangat penting, baik untuk diri sendiri, perusahaan, hingga pemerintah. “Jika kalian sudah memiliki sertifikat di bidang perhotelan dan restoran, maka peluang kalian untuk mendapatkan pekerjaan di bidang tersebut akan terbuka. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga di negara asean yang sudah menyepakati Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Tapi kalian harus menguasai bahasa inggris,” ujar Gita, menekankan.

Gita melanjutkan, agar Indonesia tidak dikuasai oleh pekerja asing, khususnya bidang perhotelan dan restoran, pemerintah harus membekali pekerja lokal dengan pengetahuan mumpuni dan memberikan sertifikat sebagai bukti akan kualitas dan kompetensi yang bersangkutan. “Pekerja di Sulbar harus menjadi tuan rumah di Sulbar. Perusahaan tidak perlu mengambil pekerja dari luar daerah apalagi luar negeri. Olehnya, kalian harus mampu bersaing dan memperbaiki kualitas diri, dibuktikan dengan memiliki sertifikat,” sambungnya.

SEKRETARIS LSP Pariwisata Anging Mamiri, Gita Nelwan menyampaikan sambutan di acara uji kompetensi sektor pariwisata bidang hotel dan restoran di d’Maleo Hotel and Convention Mamuju, Jumat 1 Maret 2019. (darman/RDR)

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top