Oknum Polisi di Mamuju Bikin Malu Korps Bhayangkara – Radar Sulbar
Radar Metro

Oknum Polisi di Mamuju Bikin Malu Korps Bhayangkara

SAMBIL berorasi, aktivis HMI Cabang Manakarra Mamuju, menunjukkan bukti-bukti kasus penganiayaan oleh oknum anggota Polri di Mamuju, Sulbar. (adhe/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Sejumlah kader HMI Cabang Manakarra, menggelar unjuk rasa di simpang empat Jl Ahmad Kirang-AP Pettarani Mamuju, Selasa 19 Februari. Menyoroti sejumlah kasus penganiayaan yang diduga dilakukan oleh oknum polisi di Mamuju, Sulawesi Barat.

Dalam aksinya, HMI Cabang Manakarra, mendesak Kapolda Sulbar menindak tegas pelaku pemukulan. Jangan sampai ada kesan tak serius dalam penegakan keadilan untuk rakyat kecil. “Oknum anggota Polda Sulbar sudah memperlihatkan tindakan yang mencoreng wajah penegak hukum,” papar Koordinator aksi, Lukman, dalam orasinya.

Orator lainnya, Arman Ayatulla, mengaku memiliki bukti yang menunjukkan seorang oknum anggota polisi memukuli anak di bawah umur dan menahannya di Mako Brimob semalaman. “Paginya dijemput pihak keluarganya. Sekarang dirawat di RS Bhayangkara, tidak bisa jalan, harus pakai kursi roda,” tandas Arman.

Ketua HMI Cabang Manakarra, Sofliadi, bahkan mengaku sempat dapat perlakuan kasar saat aksi solidaritas, pekan lalu. “Kami dibubarkan paksa, saya dicekik oleh anggota polisi,” aku Sofliadi.

Menanggapi itu, Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar yang menemui massa aksi, mengaku sudah menahan anggotanya yang terlibat. “Ada sembilan orang, termasuk yang menindak mahasiswa dan anggota Brimob yang memukul anak kecil. Sudah kami tahan di Polda Sulbar,” tegas Baharuddin.

Sembilan anggota polisi tersebut, kata Brigjen Pol Baharuddin, akan mengikuti proses sesuai kode etik dan akan dipindah tugaskan ke daerah lain.

“Segera saya tanda tangani surat pemindahannya, sesuai tututan kalian (pengunjukrasa, red), kemudian kalau tidak percaya, silakan ke Polda Sulbar melihat tahanan tersebut,” tegasnya. (m2/rul)

KAPOLDA Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar responsif menemui massa aksi terkait kasus penganiayaan oleh oknum anggota Polri di Mamuju. (adhe/RDR)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top