Antisipasi Dampak Pernikahan Dini – Radar Sulbar
Majene

Antisipasi Dampak Pernikahan Dini

Bupati Majene, Fahmi Massiara bersama Kepala Perwakilan BKKBN Sulbar, Andi Ritamariana di lapangan sepak bola Desa Bonde Utara Kecamatan Pamboang, Sabtu 16 Februari 2019.

RADARSULBAR.CO.ID — Tingginya angka pernikahan usia dini di Majene, menjadi alasan utama Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat meningkatkan pembinaan remaja di daerah ini.

BKKBN Sulbar bergegas membentuk pengurus Forum Pembinaan Ketahanan Remaja (Genre) berskala kabupaten. Forum yang mayoritas dikelola kaum milenial ini berperan sebagai pelopor utama untuk mewujudkan remaja yang berkualitas.

“Sasaran utamanya kaum remaja. Mereka dilibatkan dalam kelompok Bina Keluarga Remaja atau BKR,” jelas ketua panitia Walfaidzin, disela pengukuhan pengurus Forum Genre Majene di lapangan sepak bola Desa Bonde Utara Kecamatan Pamboang.

Menurutnya, Forum Genre menjadi pelaku utama dalam mencegah pernikahan usia anak, meningkatkan kualitas hidup remaja, sekaligus membentuk kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Pusat informasi ini tentunya membutuhkan kolaborasi antara BKKBN, mitra kerja serta stakeholder terkait.

“Termasuk dukungan legislatif,” terangnya. Dikatakan, Komponen tersebut akan meretas isu strategis perkawinan usia dini yang kini mencapai 36 persen.

Data BPS 2015, pernikahan usia anak antara 15-19 mencapai 55/1.000 wanita. Itu jauh lebih tinggi dari standar nasional yakni 36/1.000 wanita. “Ini angka tertinggi di Indonesia,” katanya.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulbar, Andi Ritamariani optimis, pembinaan berbasis remaja di Majene mampu menekan angka pernikahan usia anak. Dengan catatan kaum remaja harus memiliki komitmen untuk menghindari tiga hal mendasar.

Yaitu tidak menyentuh hubungan seksual diluar nikah, jangan menikah usia muda, dan pantang menyentuh narkoba. Menurut Rita, pernikahan dini ternyata salah satu penyebab stunting. Itu karena dilahirkan ibu usia muda. Olehnya tiga hal yang telah disepakati remaja harus dihindari. (kdr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top