Gema Gandang Dewata – Radar Sulbar
Radar Metro

Gema Gandang Dewata

WAGUB Sulbar Enny Anggraeni Anwar dan juru kunci Gunung Gandang Dewata, Ambe Daud saat menerima buku Gema Gandang Dewata. (adhe/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Direktorat Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDA), Balai Besar KSDA Sulsel, merilis buku ‘Gema Gandang Dewata’.

“Kegiatan ini merupakan komitmen bersama, sehingga buku kedua dapat diluncurkan,” papar Kepala Balai Besar KSDA Sulsel, Thomas Nifinluri. Merupakan bagian dari upaya BBKSDA Sulsel yang diberi amanah mengelola kawasan Taman Nasional Gandang Dewata.

Ia mengaku, buku Gema Gandang Dewata tersebut ditulis melalui riset dan informasi dari pihak internal dan eksternal, termasuk tokoh adat di Mamasa. “Buku ini juga mengulas berbagai mitos dan hal-hal mistik di Gandang Dewata,” tutur Thomas.

Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni turut mengapresiasi peluncuran buku Gema Gandang Dewata. “Sebab dapat memberikan manfaat besar bagi daerah ini, terutama bidang promosi pariwisata. Buku ini bisa menjadi referensi, tidak hanya bagi masyarakat umum tetapi juga untuk siswa sekolah di Sulbar. Dan saya harap buku ini bisa dibagi ke sekolah, Perpustakaan dan kampus-kampus,” harap Wagub.

Kebahagiaan juga diungkapkan salah satu tokoh adat yang gigih mendukung terbentuknya Taman Nasional Gandang Dewata, Ambe Daud (91). Ia mengaku, bahagia dengan peluncuran buku pertama yang juga mengangkat sisi lain dari Gunung Gandang Dewata. (m2/rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top