Kanwil KemenkumHAM Sulbar Satukan Persepsi Soal Perda – Page 2 – Radar Sulbar
Radar Metro

Kanwil KemenkumHAM Sulbar Satukan Persepsi Soal Perda

KEPALA Kanwil Kemennkum HAM Sulbar, Farida dan Sekprov Sulbar Muhammad Idris menyampaikan sambutan sekaligus membuka rakor pembentukan produk hukum di Hotel Matos dan Mall Mamuju, Selasa 12 Februari 2019. (darman/RDR)

Farida menambahkan, segala yang berbentuk produk hukum wajib memperhatikan landasan formil berupa tahapan atau prosedur pembentukan, selain landasan materilnya. Semua proses harus dilaksanakan demi pemenuhan asas-asas pembentukan sebuah Perda.

“Saya berharap melalui rakor ini kita dapat menyamakan persepsi terkait pembentukan peraturan perundang-undangan berdasarkan amanah peraturan perundang-undangan,” tambah Farida.

Rakor dihadiri Sekprov Sulbar Muhammad Idris, perwakilan DPRD Sulbar, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkum HAM Sulbar Sri Yuliani, Kabid Hukum Setda Pemda Kabupaten se-Sulbar, dan pihak terkait lainnya.

Muhammad Idris mengatakan, pemerintahan yang kuat adalah pemerintahan yang tiga dimensinya harus kuat secara tim.

Pertama, dimensi kebijakan yang terkonsolidasi. Tidak saling melemahkan antara satu dengan lainnya. Kedua, dimensi pelayanan yang baik. Tidak akan ada pelayanan yang baik jika kebijakannya salah. Ketiga, dimensi fungsi-fungsi pemberdayaan dan pengembangan.

“Ketiga dimensi inilah yang harus utuh dari sebuah kebijakan atau pemerintahan. Pemerintahan yang kuat diawali dari kebijakannya. Pemerintahan yang kuat di dunia berawal dari regulasi yang baik. Tidak akan ada kebijakan kuat tanpa pelaku pembuat kebijakan yang kuat,” terang Sekprov.

Olehnya, Pemprov mengapresiasi Kemenkum HAM Sulbar terkait rakor awal tahun ini, dalam rangka mendukung hadirnya pemerintahan baik dan bersih di Sulbar. (ian/rul)

KEPALA Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkum HAM Sulbar, Sri Yuliani saat memandu diskusi rakor. (darman/RDR)

2 of 2Next

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top