GTT Sulbar akan Didorong Jadi PPPK – Radar Sulbar
Ragam

GTT Sulbar akan Didorong Jadi PPPK

Muhammad Idris

RADARSULBAR.CO.ID — Pemprov Sulawesi Barat belum melakukan analisis kebutuhan untuk Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Namun demikian, sudah ada opsi disiapkan jika nantinya membuka pendaftaran PPPK. Pemprov akan mengedepankan honorer, Guru Tidak Tetap (GTT).

“Setelah kita lihat keluhan terakhir ini kan lebih banyak pada GTT. GTT ini menjadi PPPK saja. Itu sementara kita buat desain perencanaannya,” ujar Sekprov Sulbar Muhammad Idris, Senin.

Dia menjelaskan, desain perencanaan penerimaan PPPK akan diawali analisis kebutuhan PPPK Sulbar, sebab soal pembiayannya nanti dibebankan dalam APBD. Bakal dibahas bersama DPRD Sulbar, lalu diusulkan ke pemerintah pusat.

“Bukan lagi dari kewenangan pendanaannya pemerintah pusat. Semuanya tanggung jawab dan risiko pembiayaan dari pemerintah daerah. Oleh karena itu, kita belum bisa memutuskan, tanpa berbicara dengan Pemda. Dalam hal ini eksekutif dan legislatif,” urai Sekprov..

Melihat kondisi APBD Sulbar saat ini, kata dia, pembiayaan penerimaan PPPK akan membebani Dana Alokasi Umum (DAU) yang termuat dalam APBD. Imbasnya akan menggeser sejumlah program.

Sehingga perlu pembahasan mendalam bersama DPRD Sulbar, untuk memilah program yang akan hilang demi PPPK kedepan. “Tentunnya sejumlah program kita akan hilang. Tapi, jangan sampai ada program yang sangat vital hanya digantikan oleh proporsi anggran untuk penerimaan pegawai (PPPK),” ujar Idris. (imr/rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top