Pengadaan Bibit Kakao Sulbar Ditelisik – Radar Sulbar
Mamuju

Pengadaan Bibit Kakao Sulbar Ditelisik

ilustrasi

RADARSULBAR.CO.ID — Proyek pengadaan bibit dan peremajaan kakao tahun 2017 dan 2018 di Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Barat, kini ditelisik penegak hukum.

Tim penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sulbar tengah melakukan penyelidikan terhadap proyek-proyek yang dinilai janggal. Seperti pengadaan benih peremajaan tanaman kakao di tahun 2017 hingga pengadaan benih kakao siap tanam pada tahun 2018.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dir Reskrimsus) Polda Sulbar, Kombes Pol Wisnu Andayana mengatakan, pengadaan bibit kakao tersebut merupakan proyek yang bersumber dari APBN. Kini masih pada tahap lidik.

“Ini sementara kumpulkan bukti terkait adanya penyimpangan pengadaan bibit kakao. Ini masih tahap lidik,” ujar Wisnu, Jumat 8 Februari.

Dia menjelaskan, pihaknya belum dapat menyimpulkan apakah itu bentuk pelanggaran administrasi ataukah itu tindak pidana korupsi. Meski sudah ada beberapa keterangan dari para kelompok tani. “Jelasnya ada kejanggalan di dalam,” tuturnya.

Salah seorang petani yang tidak menyebutkan namanya, kepada Radar Sulbar mengaku sudah memunuhi panggilan dari penyidik Polda Sulbar.

Petani asal kabupaten Polewali Mandar (Polman) itu membeberkan jika ia dicecar sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan pengadaan bibit kakao. “Saya ditanyai pengadaan bibit mulai dari 2017 sampai 2018,” bebernya. (imr/ham)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top