Pelayanan Disdukcapil Polman Dikeluhkan – Radar Sulbar
Polman

Pelayanan Disdukcapil Polman Dikeluhkan

ilustrasi eKTP.

RADARSULBAR.CO.ID — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Polewali Mandar dinilai lamban dalam proses penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (eKTP).

Warga Desa Poda, Kecamatan Tutar, Polman Provinsi Sulawesi Barat, Nurul Ainun (20) mengeluhkan proses penerbitan KTP-el yang begitu lama. Ia mengaku bolak balik hampir dua tahun ke Disdukcapil Polman hanya untuk mempertanyakan eKTP yang tak kunjung terbit.

“Sudah berkali kali saya ke Kantor Disdukcapil kumpul berkas. Tapi dikasih suket untuk kembali lagi dari 2017 lalu. Pas saya kembali itu suket tercecer, terus disuruh lagi ambil surat keterangan hilang,” kesalnya.

Ia juga mengatakan lambatnya mendapatkan eKTP membuat harus mengeluarkan biaya transport dan akomodasi ratusan ribu rupiah setiap kali turun dari tempat domisilinya di pelosok Desa Poda Kecamatan Tutar.

“Bukan cuma saya pak, banyak orang Tutar dikasih begini tapi sekarang sudah tidak kuat urus itu karena sudah berkali kali kita pulang balik. Seandainya tidak penting ini KTP saya juga tidak bolak balik mengurus,” tuturnya.

Ketua Lembaga Studi Transparansi Indonesia Syamsuddin menyangkan lambannya pelayanan Disdukcapil kepada masyarakat. Ia mengaku kecewa dengan pelayanan Disdukcapil Polman, sebab kata dia, pengelolaan pelayanan publik harus mengutamakan transparansi dalam pelayanan.

Terpisah, Kepala Disdukcapil Polman, Natsir Adam saat dihubungi melalui sambungan telepon selulernya mengaku akan memberi sanksi bawahannya yang terbukti melakukan pelanggaran dalam tugasnya.

“Tidak bisa itu, tanya saya siapa namanya itu, nanti saya kasih sanksi, karena saya lagi di Makassar, hari Senin kita ketemu,” ujarnya. (arf/mkb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top