Pusat Tunda Pemberlakuan Pemendagri 60 – Radar Sulbar
Ragam

Pusat Tunda Pemberlakuan Pemendagri 60

Lukman Said
RADARSULBAR.CO.ID — Polemik Permendagri 60 tahun 2018 tentang Batas wilayah antara Provinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah mulai temui titik terang. Dua daerah ini bersiggungan di Kabupaten Pasangkayu, Sulbar dan Kabupaten Donggala, Sulteng.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memutuskan untuk menunda pemberlakuan regulasi tersebut. Itu setelah Pemprov Sulbar dan Pemda Pasangkayu mengajukan protes. Pemerintah pusat dinilai keliru mengambil kebijakan karena hanya melibatkan satu pihak, dan hasilnya merugikan Sulbar.

Terhitung dua kali pihak Sulbar mendatangi Kemendagri pasca terbitnya peraturan tersebut. Bersama perwakilan Pemprov Sulbar, Pemda Pasangkayu yang dimotori Bupati Agus Ambo Djiwa dan Ketua DPRD Lukman Said terus mendesak pusat agar melakukan revisi.

Pertemuan terakhir berlangsung di Jakarta jelang akhir Januari, lalu. Rombongan dari Sulbar diterima Sekjend Mendagri Hadi Prabowo, akhirnya mendapatkan kejelasan dengan dikeluarkannya surat Kemendagri nomor 136/723/ SJ, tertanggal 31 Januari 2018.

“Alhamdulillah Permendagri 60 telah ditunda pemberlakuannya. Edaran Kemendagri yang baru-baru ini dikeluarkan bahwa setelah bulan April ini akan dilakukan revisi terhadap Permendagri 60 tahun 2018” terang Lukman Said.

Lukman yang juga Ketua Umum Adkasi meminta warga Pasangkayu di wilayah agar tetap tenang dan tidak terpancing riak-riak yang dapat menimbulkan konflik, seperti dikhawatirkan pasca terbitnya Permendagri 60.  (aspar/rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top